Perahu Terbalik Saat Rafting di Tukad Ayung, 1 Turis Hilang, 4 Selamat

Perahu Terbalik Saat Rafting di Tukad Ayung, 1 Turis Hilang, 4 Selamat

Tim detikBali - detikBali
Senin, 03 Okt 2022 23:27 WIB
Salah satu korban selamat akibat perahu rafting terbalik di Tukad Ayung, Payangan, Gianyar
Salah satu korban selamat akibat perahu rafting terbalik di Tukad Ayung, Payangan, Gianyar
Gianyar -

Musibah dialami wisatawan asing (wisman) saat menjajal Wisata rafting (arung jeram) di Tukad (sungai) Ayung, Kecamatan Payangan, Gianyar, Senin sore (3/10/2022).

Diduga dipicu debit air naik dan arus deras akibat hujan lebat, sebuah perahu karet yang ditumpangi lima orang turis asing terbalik dan menyebabkan seorang hilang dan belum ditemukan.

Korban hilang yakni wisman asal Amerika Serikat Robin NaughClifford Neil (62).


Kasat Polairud Polres Gianyar AKP Wayan Antariksawan saat dikonfirmasi membenarkan dengan musibah yang dialami wisman di Tukad Ayung.

Dijelaskan, kecelakaan yang menimpa wisman saat arung jeram terjadi sekitar pukul 16.45 WITA.

Kronologinya, dari data yang diterima, kecelakaan terjadi berawal saat 10 orang wisman datang ke arena rafting di kawasan Tukad Ayung, Kecamatan Payangan.

Usai mendapat panduan, rombongan wisman ini kemudian turun dengan didampingi dua pemandu.

Singkat cerita, dengan menggunakan life jacket, kesepuluh orang itu kemudian dibagi menjadi dua kelompok dengan masing-masing kelompok berjumlah 5 orang dan pemandu.

Selanjutnya, setelah naik ke perahu karet, para wisman ini mengambil start dari Banjar Begawan, Desa Melinggih Kelod, Kecamatan Payangan dan berakhir atau finish di Hotel Royal Pitamaha, Kedewatan.

Sayang, di tengah perjalanan, hujan tiba-tiba turun deras dan mengakibatkan debit air dan arus sungai deras.

Bahkan, akibat derasnya arus mengakibatkan salah satu perahu karet yang ditumpangi wisman terbalik dan menyebabkan lima orang tercebur dan hanyut terseret arus sungai.

"Saat perahu terbalik dan penumpang hanyut, satu perahu langsung melakukan pertolongan. Empat berhasil selamat, satu masih belum ditemukan,"ungkap AKP Wayan Antariksawan.

Selanjutnya, atas informasi itu, imbuh Antariksawan, tim gabungan dari Satpolairud Polres Gianyar bersama tim reaksi cepat (TRC) BPBD Kabupaten Gianyar, Polsek Payangan, Polsek Ubud, serta PMI Kabupaten Gianyar langsung turun mengevakui korban selamat dan melakukan pencarian.

Proses pencarian sendiri imbuh Antariksawan dilakukan dengan menyisir dari Hotel Royal Pitamaha, Kedewatan.



Simak Video "Arung Jeram di Sungai Asahan Kembali Dilirik Rafting Eropa"
[Gambas:Video 20detik]
(hsa/dpra)