Cegah Kejahatan Jalanan, TNI-Polri Gelar Patroli di Kampung Turis Kuta

Tim detikBali - detikBali
Senin, 15 Agu 2022 00:03 WIB
Kapolresta Denpasar Kombespol Bambang Yugo Pamungkas bersama Komandan Kodim 1611 Badung Kolonel Inf Dody Triyo (kanan) saat bersialog dengan wisatawan di kawasan Kuta
Kapolresta Denpasar Kombespol Bambang Yugo Pamungkas bersama Komandan Kodim 1611 Badung Kolonel Inf Dody Triyo (kanan) saat bersialog dengan wisatawan di kawasan Kuta. (Foto: IST)
Badung -

Menciptakan kondisi aman menjelang hajatan KTT G20, tim gabungan dari unsur TNI-Polri menggelar patroli di kawasan kampung turis, Kuta, Badung.

Selain dari personel TNI-Polri, patroli yang digelar di sepanjang Jalan Legian, Jalan Pantai Kuta, serta Jalan Poppies 1 dan Poppies 2 itu juga melibatkan unsur keamanan adat atau pecalang.

Kapolresta Denpasar Kombespol Bambang Yugo Pamungkas di sela patroli menjelaskan, patrol gabungan digelar selain untuk membangun sinergitas antara TNI-Polri, juga untuk menekan, mencegah atau mengantisipasi terjadinya aksi kejahatan jalanan seperti curas (pencurian dengan kekerasan), curat (pencurian dengan pemberatan dan jenis kejahatan lainnya.


Selain itu, imbuh Kombes Yugo Pamungkas, patroli gabungan juga digelar sebagai kesiapan Bali menghadapi hajatan KTT G20.

"Prinsipnya, giat ini untuk menciptakan situasi kamtibmas menjelang KTT G20. Selain keamanan, kami juga ingin menciptakan situasi aman khususnya dari tindak kejahatan jalanan,"terang Kombespol Yugo.

Sementara Komanda Kodim 1611 Badung Kolonel Inf Dody Triyo mengatakan, kegiatan sinergitas antara unsur kepolisian dan TNI ini juga sebagai langkah dan wujud nyata dua institisu dalam upaya mengantisipasi tindakan kejahatan (aksi jambret) yang sempat menuai sorotan publik sebelumnya.

Lebih lanjut, Kolonel Dody selaku komandan Kodim 1611 Badung juga mengaku telah memerintahkan kepada anggotanya untuk segara bertindak dengan melakukan penangkapan dan berkoordinasi dengan pihakkepolisian.

"Tentunya juga melalui giat ini, kami juga mendorong masyarakat untuk berpartisipasi, peduli, khususnya untuk menekan tindakan kriminalitas, kejahatan jalanan agar Bali ini aman dan nyaman, serta kamtibmas kondusif,"tegas Kombes Dody

Sehingga dengan sinergitas TNI-Polri serta pasrtisipasi aktif masyarakat, pihaknya optimitis keamanan akan terwujud, dan Bali akan kembali ramai dikunjungi wisatawan.



Simak Video "Pakar Tak Setuju soal Munculnya Wacana Polri Kembali Digabung dengan TNI"
[Gambas:Video 20detik]
(dpra/dpra)