Pentas Gamelan 'Penting' Tiap Hari Minggu di Taman Tirta Gangga, Yuk Gas!

Pentas Gamelan 'Penting' Tiap Hari Minggu di Taman Tirta Gangga, Yuk Gas!

I Wayan Selamat Juniasa - detikBali
Senin, 12 Sep 2022 02:30 WIB
Sekaa Penting Merdu Komala saat pentas di Taman Tirta Gangga, Karangasem
Sekaa Penting Merdu Komala saat pentas di Taman Tirta Gangga, Karangasem. Foto: I Wayan Selamat Juniasa
Karangasem -

Untuk menambah daya tarik bagi para wisatawan yang datang ke Taman Tirta Gangga, yang terletak di Desa Ababi, Kecamatan Abang, Kabupaten Karangasem pihak pengelola kini membuat sebuah terobosan baru. Di mana setiap hari minggu pihak pengelola Taman Tirta Gangga rutin menggelar pementasan gamelan "penting" untuk menghibur para pengunjung yang datang.

Kepala Pengelola Taman Tirta Gangga, Anang Agung Made Kosalya mengatakan tujuan dari diadakannya pergelaran kesenian gamelan penting di Taman Tirta Gangga adalah untuk menambah daya tarik bagi para wisatawan. Dan kesenian gamelan penting tersebut bisa disaksikan secara gratis bagi pengunjung yang datang.

"Pergelaran kesenian gamelan penting ini bisa disaksikan secara gratis oleh para wisatawan yang datang, artinya pengunjung cukup membayar tiket masuk saja dan bisa menyaksikan secara langsung kesenian gamelan khas Kabupaten Karangasem ini tanpa ada biaya tambahan," kata Agung Kosalya saat ditemui di Taman Tirta Gangga, Minggu (11/9/2022).


Agung Kosalya juga mengatakan pergelaran kesenian gamelan ini bisa disaksikan secara langsung oleh pengunjung yang datang setiap hari minggu mulai dari pukul 11.00-15.00 Wita. Dalam pergelaran tersebut pengunjung tidak hanya dapat menyaksikan kesenian gamelan penting saja tapi juga tari-tarian.

"Ini merupakan salah satu cara kita untuk melestarikan kesenian gamelan penting khas Karangasem yang sudah mulai hilang. Di mana gamelan penting ini ada kaitannya dengan Kerajaan Karangasem," jelas Agung Kosalya.

Agung Kosalya juga berharap dengan adanya kesenian gamelan penting ini yang diselenggarakan setiap hari minggu bisa meningkatkan kunjungan wisatawan ke Taman Tirta Gangga.

"Hari ini merupakan pementasan kedua kesenian gamelan penting di Taman Tirta Gangga dan respon dari pengunjung saya lihat cukup antusias," tambah Agung Kosalya.

Sementara itu, Ketua harian Sekaa Penting Merdu Komala, I Wayan Widana (56) mengaku sangat berterima kasih karena sudah diberikan kesempatan untuk tampil menghibur para pengunjung yang datang ke Taman Tirta Gangga. Sehingga pihaknya bisa memperkenalkan kesenian gamelan penting yang merupakan gamelan khas Karangasem.

"Semoga dengan kesempatan ini, kesenian gamelan penting bisa lebih dikenal lagi oleh masyarakat maupun para wisatawan hingga ke luar negeri. Sehingga gamelan penting bisa terus dilestarikan oleh generasi selanjutnya," harap Widana.



Simak Video "Gerakan Sustainable Living Oleh Pertamina"
[Gambas:Video 20detik]
(nor/nor)