Daftar Piodalan Pura di Bali Hari Ini, 28 Juni 2022

Tim detikBali - detikBali
Selasa, 28 Jun 2022 06:50 WIB
Pemuka agama Hindu memercikkan air suci saat persembahyangan bersama di Pura Luhur Candi Narmada Tanah Kilap, Denpasar, Bali, Jumat (31/1/2020). Persembahyangan yang dilakukan Dinas Pariwisata Provinsi Bali dan diikuti sejumlah pelaku industri pariwisata tersebut diselenggarakan untuk mendoakan keselamatan dunia dan memohon agar Bali dijauhkan dari penyebaran virus Corona. ANTARA FOTO/Fikri Yusuf/nz
Foto: Umat Hindu menghaturkan sembah bhakti (ANTARA FOTO/Fikri Yusuf)
Denpasar -

Hari ini, Selasa, 28 Juni 2022, dalam kalender Bali disebut Anggara Kasih Medangsia dan bertepatan dengan rahinan tilem sasih sadha. Pada hari ini, sejumlah pura di Bali digelar piodalan.

Dikutip dari kalender bali, piodalan merupakan perayaan hari suci di pura yang biasa dilakukan secara periodik, baik berdasarkan sasih, wuku, atau pawukon.

Piodalan disebut juga petirtayan, petoyan, dan pujawali. Piodalan merupakan upacara yang ditujukan ke hadapan Ida Sang Hyang Widhi Wasa dengan segala manifestasinya.


Umat Hindu melaksanakan persembahyangan kepada Ida Sang Hyang Widhi Wasa yang keluar dari kahyangan dan dilinggakan atau distanakan menurut hari yang telah ditetapkan untuk merajan/sanggah dan pura.

Pujawali dipimpin oleh seorang pemangku di pura atau merajan masing-masing. Pelaksanaan piodalan diawali dengan pesucian Ida Bhatara di Beji, seluruh krama yang dipimpin sulinggih menyucikan arca/pratima simbol Hyang Widhi di pura beji.

Berikut daftar pura di Bali yang menggelar piodalan hari ini, Selasa 28 Juni 2022.

1. Pura Luhur Uluwatu, Bukit Pecatu, Kabupaten Badung

2. Pura Andakasa, Karangasem

3. Pura Gua Lawah, Klungkung

4. Pura Penataran Agung di Jukut Paku - Singakerta, Ubud, Kabupaten Gianyar

5. Pura Taman Ayun, Mengwi, Badung

6. Pura Pusering Jagat, Kecamatan Tampaksiring, gianyar

7. Pura Merta Sari, Pengosekan, Desa Mas, Ubud, Gianyar

Demikian informasi tentang pura di Bali yang menggelar piodalan hari ini. Semoga bermanfaat ya Semeton.



Simak Video "Penampakan Rumah yang Dirancang untuk Hidup di Mars"
[Gambas:Video 20detik]
(kws/kws)