Pura di Gianyar dan Klungkung Menggelar Piodalan 27 Juni 2022

tim detikBali - detikBali
Senin, 27 Jun 2022 02:55 WIB
Sehari sebelum Hari Raya Nyepi Tahun Caka 1937, Pura Adhitya Jaya di bilangan Rawamangun, Jakarta Timur, Jumat (20/03/2015), disesaki umat Hindu yang khidmat melaksanakan prosesi Tawur Agung. Ritual Tawur Agung dipercaya sebagai ritual menolak bala.
Ini merupakan bagian dari upacara Buta Yadnya.
Ilustasi umat Hindu sembahyang. Foto: Rengga Sancaya
Bali -

Hari ini, Senin, 27 Juni 2022, dalam kalender Bali disebut Soma Wage Medangsia. Pada hari ini, sebanyak tiga pura di dua kabupaten Bali menggelar piodalan.

Dikutip dari kalender bali, piodalan merupakan perayaan hari suci di pura yang biasa dilakukan secara periodik, baik berdasarkan sasih, wuku, atau pawukon.

Piodalan disebut juga petirtayan, petoyan, dan pujawali. Piodalan merupakan upacara yang ditujukan ke hadapan Ida Sang Hyang Widhi Wasa dengan segala manifestasinya.


Umat Hindu melaksanakan persembahyangan kepada Ida Sang Hyang Widhi Wasa yang keluar dari kahyangan dan dilinggakan atau distanakan menurut hari yang telah ditetapkan untuk merajan/sanggah dan pura.

Pujawali dipimpin oleh seorang pemangku di pura atau merajan masing-masing. Pelaksanaan piodalan diawali dengan pesucian Ida Bhatara di Beji, seluruh krama yang dipimpin sulinggih menyucikan arca/pratima simbol Hyang Widhi di pura beji.

Sementara itu, dilansir dari laman Pemkab Karangasem, piodalan sendiri terbagi menjadi dua, yaitu piodalan alit (nyanang) dan piodalan ageng (diikuti seluruh karma desa). Piodalan dilaksanakan setiap enam bulan sekali atau setahun sekali sesuai pura yang menyelenggarakan.

Piodalan hari in digelar di pura di Gianyar dan Klungkung. Berikut ini tiga pura di Bali yang menggelar piodalan pada Soma Wage Medangsia, Senin, 27 Juni 2022, menurut kalender Bali.

  1. Pura Penataran Desa Getas Blahbatuh
  2. Pura Pasek Bakbakan Gianyar
  3. Merajan Pasek Gelgel Aan Klungkung

Demikian informasi tentang pura di Bali yang menggelar piodalan hari ini. Semoga bermanfaat untuk Anda.



Simak Video "Ajang Olimpiade Tertua dan Terbesar! Inilah Antusiasme Peserta IOI ke-34 di Yogyakarta"
[Gambas:Video 20detik]
(irb/irb)