Sebelum Wafat, Hakim PT Denpasar Amin Ismanto Menangi Pertandingan Tenis

Sebelum Wafat, Hakim PT Denpasar Amin Ismanto Menangi Pertandingan Tenis

Chairul Amri Simabur - detikBali
Kamis, 24 Nov 2022 15:40 WIB
Amin Ismanto
Foto: Amin Ismanto (dok.pn)
Bali -

Keluarga besar Pengadilan Tinggi (PT) Denpasar tengah berduka. Salah satu hakimnya, Amin Ismanto, meninggal dunia usai mengikuti turnamen Persatuan Tenis Warga Peradilan (PTWP) di Semarang, Jawa Tengah, Kamis (24/11/2022).

"Iya. Beliau meninggal dunia tadi pagi. Sekitar pukul 10.00 Waktu Indonesia Bagian Barat," jelas juru bicara Hakim PT Denpasar, Sumino, yang membenarkan kabar tersebut.

Ia menuturkan, Amin Ismanto meninggal dalam perawatan medis di RS Roemani Muhammadiyah Semarang karena tidak sadarkan diri usai melakoni pertandingan melawan hakim dari Pengadilan Tinggi Agama Yogyakarta.


"Beliau (Amin Ismanto) habis main tenis di kelompok veteran. Kebetulan beliau ikut turnamen itu dan posisinya menang," imbuh Sumino yang juga Hakim PT Denpasar tersebut.

Usai pertandingan itu, Amin Ismanto yang sempat menjabat sebagai Kepala Pengadilan Negeri (PN) Denpasar itu masuk ke dalam mobil dan hendak menonton pertandingan rekannya yang lain.

"Beliau sudah masuk mobil mau lihat pertandingan di lapangan lainnya. Tapi sampai lapangan yang mau dituju, beliau pingsan dan dilarikan ke rumah sakit. Jadi meninggalnya di rumah sakit," sebutnya.

Meski sempat memperoleh pertolongan awal, Amin Ismanto yang berusia 63 tahun itu tetap tidak tertolong sehingga dinyatakan meninggal dunia.

"Jenazahnya dimandikan di rumah sakit. Habis itu akan dilakukan upacara di Pengadilan Negeri di Jawa Tengah. Setelah itu, jenazahnya akan dibawa ke daerah asalnya di Wonogiri," ungkap Sumino.

Ia menyebutkan, Amin Ismanto merupakan sosok yang baik di lingkaran pergaulan sesama hakim. Khususnya sesama penghobi olahraga Tenis.

"Tenis itu memang hobinya. Di Denpasar, beliau latihan dua kali seminggu. Kadang di lapangan Tenis DPRD Bali. Kadang di Kejati Bali. Ya, sepengetahuan saya, beliau orangnya baik kalau dari segi pergaulan dengan kami," pungkasnya.



Simak Video "KPK Pastikan Pengamanan TNI di MA Tak Pengaruhi Penyidikan"
[Gambas:Video 20detik]
(hsa/dpra)