Kombes Murbani Disanksi Demosi 1 Tahun di Kasus Pembunuhan Brigadir J

Kombes Murbani Disanksi Demosi 1 Tahun di Kasus Pembunuhan Brigadir J

Tim detikNews - detikBali
Kamis, 29 Sep 2022 14:34 WIB
Ilustrasi
Ilustrasi Polri. Foto: Dok.Detikcom
Denpasar -

Kombes Murbani Budi Pitono selaku mantan Kabag Renmin Divpropam disanksi demosi selama satu tahun karena ketidakprofesionalan di kasus pembunuhan Brigadir Yoshua alias Brigadir J. Kombes Murbani terbukti melanggar Pasal 5 ayat 1 huruf c dan Pasal 6 ayat 2 huruf b peraturan Kepolisian Negara Republik Indonesia nomor 7 tahun 2022 tentang kode etik profesi dan komisi kode etik Polri.

"Kemudian juga dikenakan sanksi administratif, yaitu mutasi bersifat demosi selama 1 tahun semenjak dimutasikan ke Yanma Polri," kata Karo Penmas Divhumas Polri Brigjen Ahmad Ramadhan kepada wartawan, Kamis (29/9/2022).

"Atas putusan tersebut pelanggar menyatakan tidak banding," tambahnya.


Sidang etik Kombes Murbani digelar pada Rabu kemarin (28/9/2022) dan berjalan selama 8 jam di ruang sidang Divpropam Polri gedung TNCC lantai 1 Mabes Polri. Ramadhan belum membeberkan apa peran atau tindakan yang dilakukan Kombes Murbani di kasus ini.

"Wujud perbuatan ketidakprofesionalan dalam melaksanakan tugas," ujarnya.

Selain itu, Kombes Murbani dikenakan sanksi etika di mana dia terbukti melakukan perbuatan tercela. Dia juga diwajibkan untuk meminta maaf secara lisan di hadapan sidang KKEP dan secara tertulis kepada pimpinan Polri serta pihak yang dirugikan.

16 Polisi disanksi etik klik halaman selanjutnya



Simak Video "Babak Baru Tewasnya Brigadir Yoshua, Pihak Keluarga Sebut Ada Tersangka"
[Gambas:Video 20detik]