Anies Sebut Jakarta Harus Adil, Sentil Kebijakan Era Ahok soal Motor

Anies Sebut Jakarta Harus Adil, Sentil Kebijakan Era Ahok soal Motor

tim detikcom - detikBali
Selasa, 27 Sep 2022 20:36 WIB
Bali -

DKI Jakarta harus menjadi kota yang adil bagi semua orang. Hal ini ditegaskan Gubernur Anies Baswedan. Dia juga sempat menyinggung kebijakan di era gubernur Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok terkait pembatasan sepeda motor.

"Saya perlu sampaikan soal keadilan nih. Jakarta itu kota yang ada yang paling atas, ada yang paling bawah. Miskin-miskinnya republik ini ada di Jakarta, tapi kaya-kayanya orang republik ini juga ada di Jakarta," kata Anies saat membuka acara Jakarta Innovation Days di Balai Kota DKI, Jakarta Pusat, Selasa (27/9/2022).

Dalam kesempatan itu, Anies turut menyinggung soal kebijakan era kepemimpinan Basuki Tjahaja Purnama (BTP) alias Ahok. Dia mengungkit soal kebijakan pelarangan pemotor melewati Jalan Jenderal Sudirman-Thamrin.


"Jangan sampai, misalnya, dulu ada gagasan Jalan Sudirman-Thamrin dihentikan dari sepeda motor," tutur Anies.

"Kebijakan ndak boleh lagi, ndak boleh seperti itu. Ingat, keadilan harus diterapkan pada semuanya," sambungnya.

Anies juga mengatakan pemerintah perlu memperhatikan keadilan masyarakat saat mengambil kebijakan. Keadilan, lanjut dia, harus menjadi prioritas.

"Jadi jangan sampai ketika kita sudah makmur, keadilan itu tidak menjadi bagian dari perhatian kita. Ini terjadi di tingkat pengambilan kebijakan bahwa yang inginnya kita adil, ketika sudah dapat keadilan, (malah) tidak menjadi prioritas (lagi). That's must not happen," kata dia.

"Jadi tadi ketika kita inovasi dan lain-lain, ingat ya ujungnya ini, ujungnya adalah menghadirkan keadilan sosial. Jangan sampai ujungnya bukan itu, apa pun yang kita kerjakan ujungnya harus keadilan sosial," imbuhnya.

(hsa/hsa)