Kendaraan Listrik Bakal Disubsidi Pemerintah Lho, Nih Bocorannya!

Kendaraan Listrik Bakal Disubsidi Pemerintah Lho, Nih Bocorannya!

Tim detikOto - detikBali
Selasa, 20 Sep 2022 07:30 WIB
PLN kembali resmikan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) Partnership Investor Owned Investor Operate (IO2) yang berlokasi di KFC – Taco Bell Artha Gading.
Foto: Ngecas kendaraan listrik (Rifkianto Nugroho)
Jakarta -

Pemerintah tengah mendorong penggunaan kendaraan listrik. Untuk mewujudkannya, pemerintah menggodok skema subsidi agar semakin banyak warga yang gunakan kendaraan listrik.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengungkapkan, Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah menginstruksikan pihaknya untuk memberikan prioritas kepada kendaraan listrik.

"Artinya katakan mobil kita lakukan penggantian atau yang baru tetapi juga motor. Banyak juga motor-motor dinas yang dimiliki KL (kementerian/lembaga)," katanya di Kementerian ESDM Jakarta, Senin (19/9/2022).


Lanjutnya, saat ini pihaknya tengah berdiskusi dengan Kementerian Keuangan (Kemenkeu) untuk memberikan subsidi pada kendaraaan listrik. Subsidi itu baik untuk KL maupun masyarakat.

"Kita bersama-sama sedang berdiskusi dengan Kemenkeu diupayakan ada subsidi. Pada saat konversi itu ada subsidi terutama pertama kali tentu kendaraan motor. Baik mereka yang punya KL maupun masyarakat. Terutama yang berkaitan dengan yang komersial," jelasnya.

Soal skema subsidi, menurut Budi Karya, pemerintah daerah bisa saja memberikan subsidi untuk mendorong penggunaan kendaraan listrik. Kemudian, bisa juga pemberian subsidi itu berasal dari subsidi BBM.

"Macam pemda. Pemda kan pengin kotanya ramah lingkungan. Saya pikir kalau mereka ramah lingkungan, mereka memberikan prioritas bagi warga kotanya menggunakan EV motor, yang EV. Bisa jadi anggaran yang tadinya kurang produktif digunakan untuk ini," ujarnya.

"Juga secara major subsidi yang tadinya digunakan untuk BBM itu bisa dikonversi pada konversi ini sendiri," tambahnya.



Simak Video "Siap-siap! Bakal Ada Subsidi Rp 6,5 Juta Buat yang Beli Motor Listrik"
[Gambas:Video 20detik]
(kws/kws)