Ini Cara-cara Obati Sakit Gigi tanpa Harus ke Dokter

Ini Cara-cara Obati Sakit Gigi tanpa Harus ke Dokter

detikHealth - detikBali
Minggu, 11 Sep 2022 13:49 WIB
Ilustrasi gigi sakit
Foto: Ilustrasi gigi sakit. (Edi Wahyono)
Bali -

Siapa saja bisa terserang sakit gigi. Mulai dari balita hingga orang tua. Tentu saja sakit gigi ini sangat menyiksa. Maka penting untuk mengetahui cara meredakan penyakit ini tanpa harus langsung ke dokter.

Rasa sakit dan nyeri pada gigi biasanya terjadi karena penumpukan kuman atau bakteri pada sela-sela gigi. Alhasil bisa menyebabkan gigi berlubang, gusi bengkak, dan pengeroposan email (lapisan terluar gigi). Jika dibiarkan bisa merembet pada gejala lain, seperti demam, sakit kepala, hingga infeksi pada rongga mulut.

Maka, saat mulai timbul rasa nyeri pada gigi, bisa ditempuh cara-cara mudah seperti ini. Sebagaimana dilansir dari detikHealth.


1. Kompres dengan Es Batu

Es batu ataupun air dingin bisa meredakan rasa sakit gigi. Cara ini termasuk lumrah dilakukan oleh masyarakat karena bahan yang diperlukan sangat mudah dijumpai. Cukup dengan mengompres gigi dengan sebotol air dingin atau es batu yang dilapisi kain secara rutin.

2. Kumur Air Garam

Cara lain yang seringkali dilakukan oleh banyak orang adalah berkumur dengan air garam. Hal ini dipercaya membantu mengeluarkan zat yang tersangkut pada gigi. Sebab, garam merupakan disinfektan dan mengandung anti-bakteri yang alami guna mengurangi peradangan pada rongga mulut.

Campurkan satu sendok teh garam dengan segelas air, akan lebih baik menggunakan air hangat. Berkumurlah menggunakan larutan tersebut secara rutin sampai rasa sakitnya hilang.

3. Gunakan Pepermin

Kandungan mentol pada pepermin sangat baik untuk gigi yang sakit karena memberi rasa kebas dan kaku, sehingga membuat area sakit mati rasa dalam beberapa waktu.

4. Kunyah Bawang Putih

Umbi-umbian satu ini ternyata sudah lama dipercaya mengobati sakit gigi. Walaupun terasa pedas, bawang memiliki senyawa alami yang bernama allicin yang berfungsi sebagai antibakteri dan antimikroba. Tidak perlu menyiapkan sebongkah bawang untuk mengobati sakit gigi, hanya dengan satu siung kecil saja sudah cukup.

Kunyahlah satu siung bawang putih segar sehari sekali secara rutin. Jika tidak kuat dengan rasanya, gigit dan tunggu beberapa saat. Bisa juga dengan merendam bola kapas dengan minyak bawang putih kemudian diletakkan pada gigi yang sakit.

5. Minum Rendaman Daun Jambu Biji

Menurut Klement Family Dental, anti-inflamasi alami lain yang dapat mencegah radang pada gigi adalah daun jambu biji. Pengidap sakit gigi disarankan untuk langsung mengunyah atau meminum rendaman daun ini untuk meredakannya.

6. Oles dengan Minyak Cengkih

Seperti diketahui minyak cengkih sangat baik bagi tubuh manusia. Selain digunakan sebagai minyak urut, cengkeh bisa menghilangkan sakit pada gigi karena mengandung benzokain. Benzokain adalah bahan penghilang rasa sakit yang biasanya terdapat pada gel penghilang rasa sakit gigi (dentasol) di apotek.

Cara menggunakan minyak cengkih adalah dengan menggosokkan atau mengoleskan langsung pada area sakit. Bisa juga dengan mengompres gigi dengan kapas yang sudah direndam minyak cengkih sampai beberapa menit.

7. Obat Tanpa Resep

Alternatif lain bila tidak ingin menggunakan bahan alami adalah mengonsumsi obat ibuprofen atau aspirin. Obat ini memang ditujukan kepada orang yang mengalami peradangan, demam, atau flu sehingga meminimalisir rasa nyeri.



Simak Video "Hayo! Jangan Lupa Sikat Gigi 2 Kali Sehari Meski di Rumah Aja"
[Gambas:Video 20detik]
(hsa/hsa)