Begini Rancangan Penataan Taman Bung Karno di Tabanan

Chairul Amri Simabur - detikBali
Jumat, 09 Sep 2022 21:28 WIB
Gambar ilustrasi pembangunan alas patung Bung Karno dan penataan Taman Bung Karno.
Gambar ilustrasi pembangunan alas patung Bung Karno dan penataan Taman Bung Karno. Foto: Dinas PUPRPKP Tabanan
Tabanan -

Patung Bung Karno karya Nyoman Nuarta telah dipindahkan ke tempat barunya di Taman Kota atau yang kini dinamakan Taman Bung Karno, Kabupaten Tabanan, Bali pada Jumat (9/9/2022) dini hari.

Patung tersebut untuk sementara ditaruh di depan pintu masuk utama Taman Bung Karno yang ada di seberang timur Gedung Kesenian I Ketut Maria sembari menunggu bagian alasnya tuntas dibangun.

Proses pembangunan alas untuk patung Bung Karno berbahan campuran kuningan dan tembaga tersebut menjadi satu dalam program penataan yang anggarannya mencapai Rp 1,48 miliar lebih yang bersumber dari Bantuan Keuangan Khusus (BKK) dari Pemerintah Provinsi Bali.



"Selain pemindahan patung ada penataan taman juga," jelas Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang, Perumahan, dan Kawasan Permukiman (PUPRPKP) Tabanan I Made Dedy Darma Saputra, Jumat (9/9/2022)

Secara sekilas ia menguraikan, penataan tersebut meliputi perbaikan track bagi pejalan kaki, pembangunan gazebo di atas toilet pada sisi utara taman, perluasan taman di bagian depan taman.

"Bagian depan, sebelah utara, itu pembangunan tatakan (alas) patung Bung Karno dan kolam. Yang di sisi depan selatan, tamannya diperluas," ungkapnya.

Sesuai kontrak, penataan Taman Bung Karno akan dilaksanakan selama 120 hari oleh CV Mitra Karya Sejati.

Penataan Taman Bung Karno ini juga berbarengan dengan dua proyek pembangunan dan penataan Ruang Terbuka Hijau (RTH) di utara Lapangan Alit Saputra serta pembangunan ulang Patung Wisnu Murti di bundaran Kediri.

Pembangunan dan penataan RTH di Alit Saputra dikerjakan selama 120 hari oleh CV Adi Merta Utama dengan anggaran sebesar Rp 1,96 miliar lebih yang bersumber dari BKK Provinsi Bali.

Sedangkan pembangunan patung Wisnu Murti dan penataannya di bundaran Kediri dikerjakan oleh CV Yudha Utama dengan anggaran sebesar Rp 1,12 miliar lebih yang juga bersumber dari BKK Provinsi Bali.

"Untuk penataan RTH di Alit Saputra itu meliputi fasilitas jogging track, open stage, patung, dan tempat bermain anak. Konsepnya tempat publik yang terbuka dan ramah anak," pungkasnya




Simak Video "Proses Pemindahan Patung Bung Karno ke Pedestal Baru"
[Gambas:Video 20detik]
(nor/nor)