Mengenang Ratu Elizabeth II, Pernah Kunjungi Indonesia pada 1974

Tim detikNews - detikBali
Jumat, 09 Sep 2022 11:44 WIB
Pangeran Phillips (kanan), Ibu Tien, Presiden Soeharto dan Ratu Elizabeth II. (PA Images via Getty Images/PA Images )
Bali - Ratu Elizabeth II yang merupakan ratu terlama di Inggris meninggal pada usia 96 tahun, Kamis (8/9/2022) waktu setempat. Selama bertakhta, Ratu Elizabeth ternyata pernah berkunjung ke Indonesia. Selama kunjungan tersebut, Ratu Elizabeth dan rombongan juga menyempatkan diri ke Bali.

Dilansir detikNews dari Jaringan Informasi Kearsipan Nasional, Ratu Elizabeth II bersama suaminya Pangeran Philip berkunjung ke Indonesia pada 14 Maret 1974. Mereka mengunjungi Indonesia bersama rombongan.

Ketika itu, Ratu Elizabeth II dan Pangeran Philip menjadi tamu negara Indonesia. Mereka awalnya disambut oleh Gubernur DKI Jakarta saat itu, Ali Sadikin.

Setelah itu, mereka dijamu oleh Presiden kedua RI, Soeharto dan istrinya, Siti Hartinah (Tien Soeharto) dalam acara resepsi kenegaraan di Istana Negara.

Mereka kemudian bertolak ke Yogyakarta dan bertemu dengan Sultan Hamengku Buwono IX di Keraton Yogyakarta. Ratu Elizabeth dan Pangeran Philip juga sempat berkunjung ke Borobudur. Usai dari Yogyakarta, mereka kemudian bertolak ke Bali.

Hari ini, 48 tahun setelah kunjungan itu, Ratu Elizabeth II meninggal dunia. Kerumunan warga berkumpul di luar Istana Buckingham pada Kamis (8/9/2022) malam untuk memberikan penghormatan terakhir kepada Ratu Elizabeth II.

Warga yang berkabung menyanyikan lagu kebangsaan Inggris di luar Istana Buckingham usai mendengar kematian Ratu Elizabeth II. Lagu God Save Queen dikumandangkan secara spontan oleh warga. Warga Inggris memberi penghormatan terakhir dan ungkapan rasa berkabung setelah dipimpin selama 7 dekade.

Pangeran Charles dan istrinya, Permaisuri Camilla telah berkumpul di Balmoral untuk mendampingi Ratu Elizabeth II sejak kondisi kesehatan ratu menurun. Termasuk kedua putra Charles yakni Pangeran William dan Pangeran Harry mendatangi Balmoral.

Sementara di luar Istana Buckingham, rombongan taksi warna hitam juga beri penghormatan terakhir mereka usai mendengar Ratu Elizabeth II meninggal dunia. Pengemudi taksi hitam memberikan penghormatan terakhir dengan cara tersendiri kepada Sang Ratu.

Kehadiran pengendara taksi hitam ini bukan tanpa alasan, mereka memiliki kedekatan tersendiri dengan pemimpin Inggris terlama itu. Selama ini diketahui banyak pengemudi taksi hitam yang menghabiskan waktu dengan berkendara di sekitar Istana Buckingham.

"Kami memiliki afiliasi yang kuat dengan Ratu. Jelas, sebagai orang London sendiri, Anda tumbuh - semua orang tumbuh bersama sang ratu," ungkap

Maxwell, salah satu sopir taksi hitam mengungkap bahwa pengendara taksi hitam memiliki kedekatan tersendiri dengan keluarga kerajaan.

"Yang tidak diketahui banyak orang adalah bahwa Pangeran Philip biasa mengendarai taksi di sekitar London," ungkap Maxwell. Pangeran Philip mengendarai taksi di sekitar London dengan didampingi penjaga keamanannya.

Simak Video "Lihat Lagi Momen Ratu Elizabeth II Berkunjung ke Bali Tahun 1974"


(iws/iws)
Berita detikcom Lainnya
Berita Terpopuler

Foto

detikNetwork