Mengenal Bapas Denpasar, Lokasi Jerinx Wajib Lapor Usai Bebas

Mengenal Bapas Denpasar, Lokasi Jerinx Wajib Lapor Usai Bebas

I Wayan Sui Suadnyana - detikBali
Sabtu, 27 Agu 2022 12:52 WIB
Bapas Kelas I Denpasar.
Bapas Kelas I Denpasar di Jalan Ken Arok No. 4, Denpasar. Foto: I Wayan Sui Suadnyana
Denpasar -

Musisi sekaligus penggebuk band Superman Is Dead (SID) I Gede Aryastina alias Jerinx resmi bebas dari Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II A Kerobokan, Selasa (2/8/2022). Jerinx bebas lebih cepat karena mengajukan cuti bersyarat.

Dikarenakan bebas cuti bersyarat, suami model Nora Alexandra Philip itu belum bisa bebas murni. Ia masih mempunyai kewajiban untuk melapor sebanyak dua kali dalam sebulan ke Balai Pemasyarakatan (Bapas) Kelas I Denpasar.

Lalu apa itu Bapas?

Kepala Bapas Kelas I Denpasar Ni Luh Putu Andiyani menjelaskan, Bapas merupakan bagian dari salah satu unit pelaksana teknis (UPT) di bawah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham). Bapas melaksanakan tugas dan fungsi berupa penelitian pemasyarakatan, bimbingan, pengawasan dan pendampingan.

"Di Bali ini ada dua Bapas, yang pertama Bapas Kelas I Denpasar. Yang kedua Bapas Kelas II Karangasem," kata Andiyani saat ditemui detikBali di kantornya, Jumat (27/8/2022).

Bapas Kelas I Denpasar beralamat di Jalan Ken Arok Nomor 4, Desa Peguyangan, Kecamatan Denpasar Utara, Kota Denpasar. Menurut Andiyani, Bapas Kelas I Denpasar mewilayahi sebanyak enam daerah di Bali yakni Kota Denpasar, Kabupaten Badung, Kabupaten Tabanan, Kabupaten Jembrana, Kabupaten Buleleng dan Kabupaten Gianyar.

"Jadi enam wilayah tersebut merupakan wilayah kerja Bapas Kelas I Denpasar," jelas perempuan asal Kabupaten Gianyar itu.

Selama ini, sebagian besar masyarakat belum mengetahui keberadaan Bapas. Mereka lebih tahu tentang adanya lembaga pemasyarakatan (lapas atau LP) dan rumah tahanan (rutan). Bapas tentunya memiliki fungsi yang berbeda dengan lapas dan rutan.

Tugas Melakukan Bimbingan Narapidana Usai Bebas


Menurut Andiyani, lapas dan rutan bertugas untuk memberikan pembinaan kepada warga binaan pemasyarakatan (WBP) atau narapidana di dalam. Sedangkan Bapas bertugas untuk melaksanakan pembimbingan lanjutan setelah narapidana bebas terintegrasi dari lapas atau rutan.

"Jadi pembinaan yang sudah didapatkan di dalam (lapas atau rutan), nanti mereka integrasi ke keluarga (dan) ke masyarakat," jelas Andiyani.

Pihaknya bertugas untuk melanjutkan pembinaan yang didapatkan oleh narapidana di dalam lapas dan melakukan pengawasan terhadap mereka yang sudah berintegrasi dengan masyarakat. Pengawasan dan pembinaan ini dilakukan dengan harapan para narapidana tidak kembali melakukan perbuatan pidana.

Andiyani menceritakan, seorang klien pemasyarakatan saat keluar dengan terintegrasi akan diserahkan ke Bapas Kelas I Denpasar oleh pihak lapas atau rutan. Klien pemasyarakatan kemudian diregistrasi di Bapas Kelas I Denpasar untuk diberikan penjelasan dan dibuatkan case plan.

Pembuatan case plan bertujuan untuk menentukan berapa kali klien pemasyarakatan harus datang ke Bapas Kelas I Denpasar untuk melaksanakan wajib lapor dan pembinaan. Hal itu ditentukan oleh pembimbing kemasyarakatan (PK).

"Tergantung dari masing-masing PK. Jadi mereka yang lebih mengetahui si klien ini bagusnya karena jaraknya jauh sebulan sekali. Begitu selesai pembimbingan, bulan depannya mungkin pengawasan dari PK-nya yang langsung ke tempat tinggalnya," ungkap Andiyani.



Simak Video "Momen Jerinx Bebas dari Penjara Usai Terseret Kasus Adam Deni"
[Gambas:Video 20detik]