Boleh Dicoba! 5 Obat Alergi Alami yang Mudah Didapat

Boleh Dicoba! 5 Obat Alergi Alami yang Mudah Didapat

Tim detikHealth - detikBali
Jumat, 26 Agu 2022 01:05 WIB
Woman scratch the itch with hand
Ilustrasi alergi - Alergi biasanya ditandai dengan beberapa gejala seperti gatal-gatal, bersin-bersin, ruam merah pada kulit, bahkan sesak napas. Simak 5 obat alergi alami ini. (Foto: Getty Images/iStockphoto/Daniel Tadevosyan)
Bali -

Mungkin beberapa di antara kita ada yang memiliki riwayat alergi. Ada yang alergi terhadap suatu makanan, benda tertentu, hingga debu dan polusi. Jika gejala alergi muncul, sebenarnya ada beberapa obat alergi alami yang bisa Anda coba lho.

Pada umumnya, alergi biasanya ditandai dengan beberapa gejala seperti gatal-gatal, bersin-bersin, ruam merah pada kulit, bahkan sesak napas. Jika tubuh sudah terserang alergi, aktivitas sehari-hari bisa terganggu.

Ketahui pula penyebab alergi Anda terlebih dahulu. Selanjutnya hindari sesuatu yang dapat menyebabkan alergi kembali muncul.


Nah, berikut adalah 5 obat alergi alami yang bisa Anda coba sebagaimana dirangkum dari detikHealth:

1. Minyak kayu putih

Salah satu obat alergi alami yang dapat Anda coba adalah minyak kayu putih. Biasanya minyak satu ini efektif dalam mengobati alergi pada kulit karena memiliki sifat antimikroba.

Caranya cukup mudah, tambahkan minyak kayu putih ke air dan balurkan ke bagian yang alergi. Tak hanya itu, minyak kayu putih juga membantu untuk melegakan pernapasan.

2. Konsumsi madu

Mengonsumsi madu juga dapat dilakukan jika terkena alergi. Sebuah teori menyebut bahwa orang yang mengonsumsi madu bisa menurunkan reaksi alergi dari waktu ke waktu.

Selain dapat membuat reaksi alergi tidak semakin parah, konsumsi madu juga baik untuk tubuh Anda.

3. Lidah buaya

Obat alergi alami berikutnya yang bisa Anda coba adalah lidah buaya. Tanaman ini mengandung banyak khasiat, termasuk untuk mengatasi alergi.

Lidah buaya memiliki sifat yang bisa mengatasi kulit kemerahan dan menghilangkan rasa gatal. Caranya mudah, cukup oleskan gel lidah buaya secara langsung pada kulit yang mengalami alergi.

4. Minyak essensial peppermint

Daun peppermint memiliki sifat dingin dan sangat menyejukkan. Itulah sebabnya, minyak esensial peppermint bisa digunakan untuk meredakan iritasi kemerahan dan gatal-gatal pada kulit akibat alergi.

Caranya, encerkan minyak peppermint lalu oleskan tepat di kulit yang kemerahan dan gatal-gatal. Tunggu beberapa saat sampai efek dinginnya meredakan masalah iritasi kulit. Minyak peppermint juga memiliki anti-inflamasi yang cukup efektif dalam mengurangi gejala asma bronkial dan rinitis alergi.

5. Uap air panas

Hal berikutnya yang dapat dicoba untuk mengobati alergi adalah dengan menghirup uap air panas. Cara sederhana ini dapat meredakan hidung tersumbat dan membantu bernapas lebih mudah.

Masak air hingga mendidih, lalu letakkan di dalam baskom. Setelah itu, tutup bagian belakang kepala dengan handuk kecil agar lebih mudah menghirup uap yang keluar dari baskom.



Simak Video "Cegah dan Atasi Alergi Si Kecil dengan Deteksi Dini"
[Gambas:Video 20detik]
(iws/iws)