Profil AKP Rita Yuliana yang Viral Diduga Jadi Simpanan Jenderal

Profil AKP Rita Yuliana yang Viral Diduga Jadi Simpanan Jenderal

tim wolipop, tim detikEdu, tim detikNews - detikBali
Jumat, 12 Agu 2022 13:17 WIB
AKP Rita Yuliana. Foto diambil dari Twitter Rita Sorcha Yuliana.
AKP Rita Yuliana. Foto: dok. Istimewa/Twitter
Bali -

Sosok AKP Rita Yuliana terus menjadi sorotan publik di tengah kasus tewasnya Brigadir Nofriansyah Yoshua Hutabarat atau Brigadir J. Nama Polwan cantik ini masih santer diperbincangkan dan viral karena diduga menjadi simpanan jenderal. Lalu, siapa sebenarnya AKP Rita Yuliana? Berikut profil lengkapnya.

Ajun Komisaris Polisi (AKP) Rita Yuliana bernama lengkap Rita Sorcha Yuliana, kelahiran 1 Juli 1992 di Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat (NTB). Polwan berusia 30 tahun ini merupakan lulusan Akpol 2013.

AKP Rita Yuliana mendaftar seleksi Akpol bersamaan dengan seleksi IPDN sesuai permintaan orang tuanya. Namun kemudian ia memutuskan menjadi polisi dan masuk Akpol, hingga menamatkan pendidikannya pada tahun 2013.


Setelah lulus, AKP Rita Yuliana pertama kali ditugaskan di Polda DIY, Bagian Sentra Pelayanan Kepolisian, di Gunungkidul, Yogyakarta. Ia kemudian kembali ke kampung halamannya dan bertugas di Subdit IV Dit Reskrimum Polda NTB. Saat bertugas di sana, AKP Rita Yuliana sempat menyamar di salah satu klub malam wilayah Senggigi untuk mengungkap kasus penari telanjang.

Pada tahun 2020, AKP Rita Yuliana kemudian dipercaya menjadi Kasatlantas Polres Lombok Barat selama kurun waktu 10 bulan. Ia kemudian dimutasi ke Polda Metro Jaya tahun 2021 di bawah kepemimpinan Irjen M Fadil Imran.

Surat mutasi AKP Rita Yuliana tertuang dalam Surat Telegram Kapolri dengan Nomor: ST/2604/XII/KEP.2021 yang dikeluarkan Mabes Polri tanggal 24 Desember 2021. Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Endra Zulpan membenarkan, AKP Rita Yuliana terdaftar sebagai anggota Polda Metro Jaya.

"Iya, dia anggota Polda Metro, di Krimsus," ujar Zulpan di Polda Metro Jaya, Jakarta, Kamis (11/8/2022), dikutip dari detikNews.

Setelah menjabat Kasatlantas Polres Lombok Timur, AKP Rita Yuliana dimutasi dan menduduki jabatan baru sebagai perwira unit (Panit) di Subdit Industri dan Perdagangan (Indag) Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Metro Jaya.

"Masih. Berdinas di Subdit Indag sebagai Panit Indag Krimsus," imbuh Zulpan.

Viral Pandai Bahasa Mandarin

AKP Rita Yuliana sempat viral di media sosial karena kemahirannya dalam berbahasa Mandarin. Video ucapan selamat Hari Raya Imlek 2021 tersebut membuat kagum netizen.

Dalam video yang beredar, polwan yang saat itu masih berpangkat Iptu ini, mengenakan seragam polisi dan memakai masker. Ia kemudian melepas masker dan berbicara bahasa Mandarin dalam video berdurasi 19 detik itu.

Kepada wartawan, ia mengaku video tersebut viral usai diunggah akun resmi Instagram @Satlantaspolreslombokbarat. Awalnya dia membuat video ucapan tersebut untuk diberikan kepada teman-temanya yang bekerja di kedutaan besar China.

"Awalnya saya membuat video itu untuk diberikan kepada teman-teman saya di China, dan teman-teman dari negara asing yang paham bahasa china. Karena mereka sedang merayakan Imlek di sana, makanya saya membuat video itu," ujarnya, Selasa (16/2/2021).

Sejak saat itulah, namanya mulai menjadi sorotan. Ia mengaku sempat kewalahan hingga tak bisa tidur saat dirinya viral di media sosial. Namun demikian, AKP Rita Yuliana menganggap atensi tersebut sebagai sebuah amanah untuk menjadi lebih baik.

"Tentunya pertama bersyukur ini hal baru untuk saya jujur saat viral pertama kali dua-tiga malam nggak bisa tidur. Saya senang tapi berpikir bisakah saya (menjadi panutan) karena menurut saya masih banyak kekurangannya, masih Iptu, dan masih harus belajar. Semoga saya terus bisa, jadi bismillah lah," kata AKP Rita Yuliana pada Maret 2021 di YouTube TV9 Lombok News.

Dilansir dari detikEdu, AKP Rita Yuliana mengaku mahir bahasa Mandarin berkat beasiswa International Law Enforcement Liaison Officer Program di Beijing Foreign Studies University (BFSU) Beijing, China. Ia mendapatkan beasiswa tersebut pada 2018 lalu.

Pada saat itu, ia merupakan satu-satunya polisi Indonesia yang mengikuti program spesialis bahasa Mandarin yang diikuti 33 negara dari tiga benua, yakni Eropa, Asia, dan Afrika. Selama belajar di sana, AKP Rita Yuliana juga menorehkan prestasi dengan mendapatkan Hanyu Shuiping Kaoshi (HSK), yakni ujian standardisasi kemahiran berbahasa Mandarin dengan level tinggi empat.

"Saya juga mendapatkan keterampilan bahasa Mandarin ini di Beijing Foreign Studies University (BFSU) yang saat itu saya berkesempatan mewakili Polri mendapatkan beasiswa International Law Enforcement Liaison Officer Program," tuturnya.

Digosipkan Jadi Simpanan Jenderal

AKP Rita Yuliana terus menjadi perbincangan sekaligus sorotan warganet di media sosial. Bahkan, belakangan ia digosipkan menjadi simpanan seorang jenderal.

Sempat bungkam, AKP Rita Yuliana menjawab kabar tersebut dan mengatakan akan memberikan klarifikasi melalui akun Instagram @ritasorchayuliana. Dilansir dari wolipop, awalnya seorang warganet memintanya buka suara terkait gosip heboh tersebut.

"Tolong klasifikasi bu, kalo ibu ini bukan simpanan jenderal, agar nama baik ibu jadi bersih," komentar netizen di unggahan foto tanggal 7 Agustus 2022.

Rita Yuliana pun membalas singkat, "Terima kasih, pasti nanti diklarifikasi."

Sementara itu, warganet lainnya juga mempertanyakan pemberitaan di media massa yang banyak membahas dirinya. "Buk pol masuk berita tuh," tulis netizen.

"Monitor terima kasih," jawab Rita Yuliana.



Simak Video "3 Pilar Sekolah Sehat yang Diusung Kemendikbud-Ristek"
[Gambas:Video 20detik]
(irb/dpra)