Gejala dan Penyebab Sakit Ginjal yang Perlu Anda Ketahui

Tim detikJabar - detikBali
Minggu, 07 Agu 2022 19:30 WIB
The doctor checks the kidneys of a patient on a blue background.
Ilustrasi ginjal - Saat ini, informasi tentang kesehatan ginjal cukup banyak dicari. Lantas, bagaimana gejala sakit ginjal dan penyebab sakit ginjal? (Foto: Ilustrasi/thinkstock)
Bali -

Bagaimana gejala sakit ginjal? Apa saja penyebab sakit ginjal?

Saat ini, informasi tentang kesehatan ginjal cukup banyak dicari. Beberapa orang mungkin sedang mengeluhkan sesuatu yang tidak disadari ternyata hal tersebut merupakan gejala ginjal bermasalah.

Oleh sebab itu, informasi seputar kesehatan ginjal perlu diketahui agar bisa mengambil langkah-langkah yang tepat jika mengalami gejalanya. Terpenting, pastikan menerapkan pola hidup sehat ya!


Dilansir detikJabar dari laman Healthline, berikut adalah gejaa dan penyebab sakit ginjal:

1. Cepat Lelah dan Kantuk

Jika Anda merasa cepat lelah padahal tidak melakukan aktivitas yang terlalu berat, bisa jadi ini merupakan gejala sakit ginjal. Sebab, fungsi ginjal yang menurun menyebabkan racun dan kotoran di dalam darah jadi menumpuk. Hal itulah yang membuat seseorang jadi mudah lemas dan sulit konsentrasi.

2. Sesak Napas

Seseorang yang mengalami sakit ginjal juga bisa mengalami sesak napas. Sebab, ginjal tidak bisa memproduksi hormon erythropoietin. Untuk diketahui, hormon ini berfungsi untuk memproduksi sel darah merah. Salah satu efek hormon ini tidak diproduksi adalah sesak napas.

3. Sering Kebingungan

Gejala sakit ginjal berikutnya bisa menyebabkan seseorang sering kebingungan atau linglung. Sebab, fungsi ginjal yang sudah tidak berfungsi dengan baik menyebabkan ginjal tak mampu menyaring kotoran di dalam tubuh, sehingga racun bisa menyebar dan mempengaruhi kinerja otak.

4. Kulit jadi Kering dan Gatal

Kulit kering dan gatal juga bisa menjadi penyebab gejala sakit ginjal lho. Hal ini menunjukkan ginjal sudah tidak bekerja dengan baik dalam menjaga kandungan mineral dan nutrisi di dalam darah agar tetap seimbang.

5. Hilang Nafsu Makan

Gejala sakit ginjal berikutnya adalah hilangnya nafsu makan. Hal ini bisa disebabkan karena mengalami uremia, yakni suatu kondisi di mana kadar urea di dalam tubuh sangat tinggi. Sehingga menimbulkan racun yang masuk lewat aliran darah dan menyebar ke seluruh tubuh.

6. Timbul Rasa Mual

Gejala sakit ginjal berikutnya yakni mengalami mual hingga muntah. Sebab, ginjal berfungsi untuk menyaring racun di dalam tubuh. Jika ginjal tidak berfungsi dengan baik maka racun tak bisa tersaring dan akhirnya malah tersebar ke seluruh tubuh. Hal ini yang menyebabkan seseorang mengalami mual hingga muntah.

Penyebab Sakit Ginjal

Dilansir detikJabar dari situs Healthline, berikut jumlah penyebab sakit ginjal:

1. Jarang Minum Air Putih

Sakit ginjal juga bisa disebabkan karena kurangnya kecukupan air putih dalam tubuh. Ketika tubuh kekurangan cairan, ginjal bekerja lebih keras membuang sisa metabolisme dalam tubuh. Jika kondisi ini berlangsung lama, kondisi ginjal berisiko makin buruk.

2. Aliran Darah ke Ginjal Berkurang

Penyebab umum seseorang mengalami sakit ginjal karena kurangnya aliran darah ke ginjal secara tiba-tiba. Hal ini bisa terjadi karena sejumlah faktor mulai dari serangan jantung, dehidrasi, hingga gangguan pada pembuluh darah.

3. Diabetes

Penyakit diabetes juga dapat menyebabkan sakit ginjal. Hal ini karena pembuluh darah kecil di dalam tubuh mengalami luka. Apabila pembuluh darah di ginjal ikut terluka, organ ini berisiko tak mampu membersihkan darah dengan baik.

4. Infeksi Saluran Kemih

Penyebab lain seseorang mengalami sakit ginjal karena adanya infeksi pada saluran kemih. Ketika seseorang mengalami infeksi saluran kemih, bakteri dapat menyebar hingga ke ginjal dan menimbulkan infeksi yang lebih parah.

5. Hipertensi

Ternyata hipertensi juga dapat menyebabkan sakit ginjal. Tekanan darah tinggi dapat mempersempit pembuluh darah di dalam tubuh, yang makin luas seiring waktu. Kondisi ini pada akhirnya akan merusak organ tubuh termasuk ginjal.



Simak Video "Mengenal 2 Penyebab Penyakit Ginjal Kronis di Hari Ginjal Sedunia"
[Gambas:Video 20detik]
(iws/iws)