Perpanjang STNK di Jakarta, Kendaraan Bakal Diwajibkan Uji Emisi

Tim detikOto - detikBali
Rabu, 13 Jul 2022 07:20 WIB
Uji emisi gratis dilakukan di Jakarta, Minggu, (12/12/ 2021). Dalam kegiatan ini sebanyak 400 kendaraan mobil melakukan diuji emisi.
Ilustrasi uji emisi - DKI Jakarta bakal menerapkan syarat uji emisi kendaraan bermotor untuk memperpanjang Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK). (Foto: Rengga Sencaya)
Bali -

DKI Jakarta bakal menerapkan syarat uji emisi kendaraan bermotor untuk memperpanjang Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK). Kendaraan yang tak lulus uji emisi tak akan bisa memperpanjang STNK.

"Insyaallah di akhir tahun ini bisa mulai kita terapkan untuk perpanjangan (STNK) itu harus sudah uji emisi karena data kita sudah terkoneksi baik dengan Bapenda," kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta Asep Kuswanto, Selasa (12/7/2022) dikutip dari detikOto.

Asep menyebut, kebijakan ini berlaku untuk kendaraan yang usianya lebih dari tiga tahun. Saat akan membayar pajak kendaraan, salah satu syaratnya adalah wajib memenuhi baku mutu uji emisi.


Menurut Asep, jika tidak lulus uji emisi dan/atau belum melakukan uji emisi dikenakan denda pajak. Adapun besaran denda pajaknya masih dirumuskan.

"Koefisien dendanya saat ini sedang dibahas oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan dengan Kemendagri dan Kemenkeu," kata Asep.

Sementara itu, Humas Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta Yogi Ikhwan menyebut, jika tidak lulus uji emisi atau belum melakukan uji emisi, skemanya akan ada denda saat pemilik kendaraan melakukan pembayaran PKB.

Menurutnya, hal itu sesuai dengan pasal 531 poin f Peraturan Pemerintah Nomor 22 Tahun 2021 Tentang Penyelenggaraan Perlindungan Dan Pengelolaan Lingkungan Hidup. Dalam aturan itu dijelaskan bahwa pemenuhan baku mutu hasil uji emisi sebagai dasar pengenaan pajak kendaraan bermotor untuk unsur pencemar lingkungan diberlakukan dua tahun setelah peraturan pemerintah ini diundangkan.

"Sesuai dengan pasal 206 ayat 2 (a) Peraturan Pemerintah Nomor 22 Tahun 2021 Tentang Penyelenggaraan Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup dijelaskan bahwa pemenuhan uji emisi diterapkan pada alat transportasi darat berbasis jalan yang telah memasuki masa pakai lebih dari tiga tahun," kata Yogi.



Simak Video "Aturan STNK Mati 2 Tahun Kendaraan Jadi Bodong Bakal Diterapkan"
[Gambas:Video 20detik]
(iws/iws)