Bandara Ngurah Rai Bali Masih Tunggu Regulasi Wajib Booster

Ni Made Lastri Karsiani Putri - detikBali
Selasa, 05 Jul 2022 22:43 WIB
Suasana Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai Bali beberapa waktu lalu.
Suasana Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai Bali beberapa waktu lalu. Foto: Ni Made Lastri Karsiani Putri-detikBali
Badung -

General Manager Angkasa Pura I Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai Bali, Handy Heryudhitiawan menjelaskan, pihaknya masih menunggu regulasi terkait kebijakan vaksinasi booster akan menjadi syarat mobilitas warga yang hendak bepergian.

Meski masih menunggu, pihaknya telah melakukan koordinasi dengan seluruh pemangku kepentingan Bandara Ngurah Rai Bali dalam mempersiapkan diri ketika kebijakan tersebut telah resmi diterapkan. Menurutnya, pada dasarnya Bandara Ngurah Rai sangat mendukung kebijakan pemerintah dalam penanggulangan penyebaran virus COVID-19.

"Terkait apa yang disampaikan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi perihal vaksinasi booster bakal jadi syarat bepergian, Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali siap melaksanakan," ucap Handy Heryudhitiawan.


Menurutnya, hingga saat ini, Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali masih memberlakukan persyaratan perjalanan sesuai Surat Edaran dari Kementerian Perhubungan Nomor 56 Tahun 2022, di mana calon penumpang yang masih dosis dua vaksinasi COVID-19 diperkenankan melakukan perjalanan tanpa tes COVID-19. Sedangkan calon penumpang yang masih dosis satu atau belum atau tidak bisa vaksin COVID-19, maka diwajibkan melakukan tes COVID-19 sebagai persyaratan perjalanan.

"Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali akan melayani vaksinasi COVID-19. Pelaksanaannya akan kami sampaikan kemudian," ungkapnya, Selasa (5/7/2022).

Terkait kebijakan baru tersebut, kata Handy Heryudhitiawan, tak menutup kemungkinan dapat menyebabkan antrean. Namun, pihaknya telah melakukan mitigasi-mitigasi agar nantinya tidak terjadi antrean. Salah satu upaya yang ditempuh, yakni melalui informasi yang pihaknya akan sebarluaskan melalui media sosial maupun penyampaian rilis ke media.

Sementara itu, selama tanggal 1-5 Juli 2022, Bandar Ngurah Rai Bali telah melayani 120.602 penumpang domestik dengan rata-rata 30.151 penumpang per hari. Serta 62.651 penumpang internasional dengan rata-rata 15.663 penumpang per hari. Adapun total maskapai yang melayani penerbangan domestik dan internasional di Bandara Ngurah Rai Bali, yakni 24 maskapai.

"Kami optimis di Juli ini akan ada peningkatan penumpang dan berharap peningkatan penumpang baik domestik maupun internasional akan terus terjadi untuk bulan-bulan ke depannya. Kami berharap protokol kesehatan tetap dilaksanakan secara disiplin oleh seluruh pengguna jasa Bandara Ngurah Rai Bali, baik penumpang maupun seluruh pegawai," tambahnya.



Simak Video "Tak Ada Penerbangan, Terminal Internasional Bandara Bali Sepi"
[Gambas:Video 20detik]
(irb/irb)