Sebelum Meninggal, MenPAN-RB Tjahjo Kumolo Sempat Dirawat di 3 RS

Sebelum Meninggal, MenPAN-RB Tjahjo Kumolo Sempat Dirawat di 3 RS

Tim detikNews - detikBali
Jumat, 01 Jul 2022 22:00 WIB
Pemakaman MenPAN-RB Tjahjo Kumolo di TMP Kalibata, Jakarta, turut dihadiri warga. Mereka melepas MenPAN-RB itu ke tempat terakhir.
Pemakaman MenPAN-RB Tjahjo Kumolo di TMP Kalibata, Jakarta, turut dihadiri warga. Mereka melepas MenPAN-RB itu ke tempat terakhir. (Foto: Pradita Utama)
Bali -

Menteri PAN-RB Tjahjo Kumolo ternyata sempat dirawat di tiga rumah sakit berbeda. Sebelum meninggal dunia, Tjahjo Kumolo disebut menderita penyakit yang kompleks, dari infeksi di perut yang menjalar ke sejumlah organ vital tubuhnya.

Hal itu diungkapkan oleh menantu Tjahjo Kumolo, Detri Warmanto di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta, Jumat (1/7/2022).

"Bapak kemarin sempat sakit, ada infeksi di perut, terus menjalar ke paru, ke ginjal, ke lever, dan sudah pakai bantu alat pernapasan. Alat bantu paru, jantung, cuci darah segala macam. Kondisi stabil ya harus pakai alat, jadi dokter semaksimal mungkin. Ada tiga rumah sakit, Abdi Waluyo, Harapan Kita, sama RSPAD," ujar menantu Detri, sebagaimana dikutip dari detikNews.


Menurut Detri, sosok Tjahjo semasa hidupnya pernah mengungkap akan mendedikasikan dirinya untuk Indonesia. Seperti diketahui, sebelum menjabat Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Tjahjo Kumolo juga pernah menjabat sebagai Menteri Dalam Negeri.

"Bapak sempat ada ucapan, 'Saya ini pertama milik keluarga, kedua milik negara'. Bapak bilang, jadi Bapak pernah mengucap bahwa 'Saya ingin akhir hayat saya sebagai berperan dalam membela negara, apa pun itu sebagai menterikah, sebagai apa pun itu'. Intinya untuk bangsa Indonesia," katanya.

"Jadi Bapak bilang, 'Saya ini milik negara, untuk bisa bermanfaat bagi seluruh umat manusia di Indonesia'," imbuhnya.

Sementara itu, suasana di rumah duka KemenPAN-RB almarhum Tjahjo Kumolo, Jl Widya Chandra, Jakarta Selatan tampak sepi, Jumat (1/7/2022) pukul 19.53 WIB. Sejumlah kerabat berada di rumah duka.

Dilansir dari detikNews, sejumlah karangan bunga tampak berderet di depan dan halaman rumah duka. Salah satunya dari Presiden RI Joko Widodo (Jokowi).

"Turut berduka cita atas wafatnya Bapak Tjahjo Kumolo," demikian tulisan karangan bunga tersebut.

Diketahui, Tjahjo Kumolo meninggal dunia pada pukul 11.00 WIB siang tadi. Dia meninggal dunia di Rumah Sakit Abdi Waluyo, Jakarta Pusat. Almarhum telah dimakamkan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta Selatan.



Simak Video "Jokowi Belum Tentukan Pengganti Tjahjo Kumolo: Masih dalam Proses"
[Gambas:Video 20detik]
(iws/iws)