7 Langkah Mudah Atasi Jerawat Meradang

Wolipop - detikBali
Sabtu, 11 Jun 2022 12:08 WIB
Asian woman having skin problem with acne face ,squeezing pimples with mirror
Ilustrasi jerawat meradang. Foto: Getty Images/iStockphoto/Doucefleur
Bali -

Munculnya jerawat sering membuat seseorang tampil tak percaya diri. Tak hanya wanita saja tentunya, kaum pria pun juga pasti sering merasakan hal yang sama. Selain itu, jerawat yang meradang juga menimbulkan bengkak, rasa perih, dan sangat sakit jika disentuh. Lalu bagaimana cara mengatasi jerawat meradang?

Untuk Detikers tak perlu bingung. Simak yuk 7 langkah mudah mengatasi jerawat meradang berikut ini.

1. Kompres Hangat


Seperti dikutip dari Cosmopolitan, menurut ahli dermatologist Dr. Schultz, cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi jerawat meradang adalah dengan kompres hangat. Kamu bisa melakukannya dengan memegang waslap hangat di atas jerawat selama tiga menit dapat membawa darah ke area tersebut. Selain itu, kompres hangat juga membantu mengatasi benjolan. "Kompres hangat dapat mengurangi pembengkakan dan membawa bakteri ke permukaan kulit," kata Dr. Schultz.

2. Teh Hijau

Menurut review 2016, mengoleskan teh hijau secara topikal dapat mengurangi jumlah rata-rata jerawat dan pustula pada orang dengan jerawat ringan hingga sedang. Satu studi menemukan bahwa teh hijau dapat secara signifikan mengurangi jerawat inflamasi dan non-inflamasi selama periode 8 minggu.
Teh hijau adalah anti-inflamasi, antioksidan, dan antimikroba, sehingga dapat bekerja melawan jerawat dalam beberapa cara.

3. Tea Tree Oil

Tea tree oil ini berasal dari minyak tanaman yang asli dari Australia. Tea Tree oil dikenal sebagai obat rumah yang populer sebagai cara mengempeskan jerawat meradang. Beberapa penelitian menunjukkan minyak esensial ini bersifat antimikroba, dan dapat mengurangi jumlah noda pada orang dengan jerawat ringan hingga sedang.

4. Minyak Copaiba

Copaiba adalah antiseptik dan anti-inflamasi tradisional. Ada beberapa bukti bahwa gel topikal minyak copaiba efektif melawan jerawat ringan. Dalam satu studi double-blind, peserta menggunakan gel copaiba selama 21 hari. Para peneliti menemukan bahwa gel menghentikan pembentukan jerawat baru, dan membantu menyembuhkan jerawat yang ada. Gel juga mengurangi peradangan dan pembengkakan.

5. Es Batu

Es bisa membantu mengurangi rasa sakit dan pembengkakan jerawat lho. Caranya, bungkus es batu dengan handuk dan oleskan ke area yang berjerawat selama lima hingga 10 menit.

6. Bubuk Kayu Manis dan Madu

Bubuk kayu manis dan madu merupakan perpaduan ampuh sebagai cara untuk mengempeskan jerawat yang bengkak. Langkah-langkahnya adalah campur bubuk kayu manis dan madu, kemudian aduk rata, dan oleskan pada kulit yang berjerawat.

7. Cuka Apel

Cuka apel dipercaya sebagai salah satu obat untuk mengempeskan jerawat yang bengkak. Kandungan asam malat dan ACA (Alpha Hydroxy Acid) pada cuka apel berguna menjadi anti-bakteri dan dapat membantu dalam menghilangkan bintik-bintik hitam mengganggu pada wajah.
Itulah 7 cara mudah mengatasi jerawat meradang. Detikers bisa mencobanya sendiri di rumah.



Simak Video "Solusi Mengatasi Jerawat Membandel Akibat Penggunaan Masker"
[Gambas:Video 20detik]
(nor/nor)