RSUD Karangasem Rawat Puluhan Pasien DBD, 5 Diantaranya Anak-Anak

Selamat Juniasa - detikBali
Jumat, 13 Mei 2022 03:36 WIB
demam berdarah dengue
Ilustrasi Demam Berdarah Dengue (Foto: Dok.Detikcom)
Karangasem -

Puluhan pasien Demam Berdarah Dengue (DBD) masih menjalani perawatan secara intensif di RSUD Karangasem, Kabupaten Karangasem, Bali.

Total ada 23 pasien dirawat di RS plat merah milik Pemkab Karangasem. Dari total puluhan pasien dirawat, 5 pasien diantaranya merupakan pasien anak-anak.

Kasi Pelayanan Medis RSUD Karangasem, dr Wayan Yogi Rangga Permana, Kamis (12/5/2022) mengatakan jumlah kasus DBD di awal tahun 2022 ini memang mengalami peningkatan yang cukup signifikan.


Disebutkan, dari Januari-Mei 2022, tercatat ada 220 pasien DBD dirawat di RSUD Karangasem. Angka atau jumlah tersebut menurut Yogi Rangga Permana jauh meningkat jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya yang hanya berkisar puluhan pasien.

"Dari jumlah (220 pasien) itu, yang sampai saat ini masih dirawat jumlahnya ada 23 orang dengan 5 diantaranya merupakan pasien anak-anak,"ungkap Yogi Rangga.

Yogi Rangga juga mengatakan bahwa tidak ada usia rentan yang terkena DBD saat ini karena jumlah pasiennya bervariatif dari anak-anak sampai dewasa.

Dengan tingginya kasus DBD di Karangasem saat ini, pihaknya menghimbau kepada masyarakat agar selalu menerapkan pola hidup sehat.

"Jika mengalami gejala demam tinggi agar secepatnya melakukan pemeriksaan ke Puskesmas terdekat,"pintanya.



Simak Video "Waspada! Kasus DBD di Jembrana Bali Meningkat"
[Gambas:Video 20detik]
(dpra/dpra)