Prajuru Pura Babakan Minta Aparat Usut Bule Bugil di Kayu Putih

Prajuru Pura Babakan Minta Aparat Usut Bule Bugil di Kayu Putih

Abrur - detikBali
Rabu, 04 Mei 2022 09:19 WIB
Bule berpose bugil di pohon berusia ratusan tahun diduga berada di kawasan Pura Babakan, Desa Tua, Kecamatan Marga, Kabupaten Tabanan, Bali.
Bule berpose bugil di pohon berusia ratusan tahun yang berada di kawasan Pura Babakan, Desa Adat Bayan, Kecamatan Marga, Kabupaten Tabanan, Bali. (Foto: Tangkapan layar video viral)
Tabanan -

Video seorang bule perempuan berpose telanjang (bugil) di pohon Kayu Putih membuat prajuru Pura Babakan, Desa Adat Bayan, Desa Tua, Kecamatan Marga kecewa.

Mereka berharap pihak terkait bisa melacak bule perempuan itu agar bisa mempertanggungjawabkan perbuatannya secara sekala dan niskala.

"Mudah-mudahan dari dinas atau pihak terkait bisa melacak yang postingan-nya ada seperti itu. Mohon dilacak," ujar Penyarikan Pura Babakan, I Made Kurna Wijaya, Rabu (4/5/2022).


Ia memperkirakan, foto itu diambil sekitar lima atau enam tahun lalu. Atau di bawah 2019 lalu. Sebelum ada penjagaan.

"Sekarang ini sudah ada bale bengong. Jadi bisa monitor. Dulu masih semak-semak. Hanya ada jalan setapak saja ke sana (pohon)," imbuhnya.

Sekalipun ada di luar pura, pohon Kayu Putih yang diperkirakan berusia tujuh abad itu tetap disucikan pengempon Pura Babakan.

Ia menyebutkan, dengan adanya kejadian seperti ini, pihaknya akan rembug dengan pengempon, pengelingsir, dan pemangku.

"Kemungkinan kami akan laksanakan upacara pembersihan atau guru piduka. Mungkin 20 hari ke depan. Kebetulan ada piodalan pada Anggara Kasih Julungwangi (Selasa Kliwon Wuku Julungwangi)," sebutnya.

Kurna mengatakan, upacara ini sebagai bentuk permohonan maaf terhadap yang melinggih di pura Kayu Putih.

"Karena kami meyakini ada yang melinggih di Pura Babakan dan pohon Kayu Putih. Selayaknya ada upacara pembersihan. Pengampura (meminta maaf secara niskala)," sebutnya.

Ke depannya, prajuru akan mengevaluasi lagi penjagaan yang ada. Memperketat pengunjung yang datang dengan aturan-aturan sepantasnya datang ke areal pura atau tempat suci.

"Di sini pengunjung biasanya Sabtu dan Minggu saja. Banyaknya itu. Yang jaga tiga orang. Dari jam 9 pagi sampai jam 5 sore. Di luar hari itu sepi. Karena kami juga biar bisa potong rumput atau ambil pekerjaan lainnya," tutur Kurna.

Bagaimana dengan tanggung jawab bule itu?

"Ini yang kami kurang mengetahuinya. Kami ingin menyusuri orangnya. Tapi kami kesulitan cari tahu orangnya siapa. Dari mana. Mudah-mudahan dinas terkait bisa membantu. Mohon untuk dilacak," pungkasnya.

Sebelumnya diberitakan, melalui video yang diunggah oleh Tokoh Perempuan Bali Ni Luh Djelantik di akun facebook-nya, nampak seorang bule berpose dan foto dalam keadaan telanjang bulat (bugil) di sebuah pohon besar.

Diduga pohon berusia ratusan tahun tersebut berada di kawasan Pura Babakan, Desa Tua, Kecamatan Marga, Kabupaten Tabanan, Bali.

Dalam postingannya, Ni Luh Djelantik mengingatkan bule perempuan tersebut. @alina_yogi You will need to explain this to our official officer. Every action comes with consequences. (Kamu perlu menjelaskan ini kepada otoritas kami. Setiap perbuatan mendatangkan sejumlah konsekuensi)

Menurut kepercayaan masyarakat Hindu Bali, pohon yang berada dalam kawasan pura merupakan pohon sakral dan suci.

"Inner Amazon ndasmu. Habis turis nari telenji di Gunung Batur, sekarang ada lagi kayak beginian. Kamu tahu pohon Kayu putih yang telah berusia 700 tahun ini terletak di belakang Pura Babakan ? Artinya apa ? Pura ini masuk dalam lingkungan tempat suci. Kalau mau meditasi atau selfi silakan. Maksudmu apa ??? Demi konten ??? Kesucian pura jadi tercemar karena kelakuanmu," lanjut tulisan Ni Luh Djelantik.

Ia memohon kepada aparat terkait seperti pihak imigrasi Denpasar, Polres Tabanan dan Polda Bali segera bertindak.

"Cek izin tinggalnya pak. Cek juga izin usahanya. Kalau terbukti melanggar, deportasi aja daripada bikin leteh Bali," ujarnya.

Sontak setelah tulisan ini di-publish mendapat respons dari warga net. Setelah 8 jam, sudah ada 85 komentar.



Simak Video "Kobaran Api Melahap Bangunan Toko 3 Lantai di Tabanan Bali"
[Gambas:Video 20detik]
(kws/kws)