Peringatan Dini Cuaca Ekstrem! Bali Berpotensi Hujan-Kilat 3 Hari

Poetri - detikBali
Selasa, 19 Apr 2022 19:55 WIB
Sejumlah kendaraan melintas saat hujan di Bundaran HI, Jakarta, Jumat, (18/2/2022).
ilustrasi hujan. Foto: Agung Pambudhy/detikcom
Denpasar -

Balai Besar Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BBMKG) Wilayah III Denpasar mencatat bahwa pada tanggal 19-21 April 2022 di sebagian besar wilayah Bali berpotensi hujan disertai kilat/petir.

Kepala Balai Besar Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Wilayah III Denpasar, Cahyo Nugroho menjelaskan bahwa angin umumnya bertiup dari arah timur laut-timur dengan kecepatan berkisar antara 4-36 km/jam.

"Tinggi gelombang laut di perairan utara Bali berkisar antara 0.25-1 meter, di perairan selatan Bali berkisar antara 1-2.5 meter, di Selat Bali berkisar antara 0.75-2.5 meter dan di Selat Lombok berkisar antara 0.75-2.5 meter," ucap Cahyo Nugroho.


Balai Besar Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Wilayah III Denpasar pada Selasa (19/4/2022) mengeluarkan peringatan dini bagi masyarakat untuk mewaspadai potensi hujan lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang berdurasi singkat di sebagian besar wilayah Bali.

"Dan tinggi gelombang laut yang dapat mencapai 2.0 meter atau lebih di Selat Bali bagian selatan, Selat Badung, Perairan Selatan Bali, Selat Lombok bagian selatan dan Samudera Hindia Selatan Bali," katanya pada detikBali, Selasa (19/4/2022).

Dirinya mengimbau masyarakat agar tetap waspada dan berhati-hati terhadap dampak bencana yang dapat ditimbulkan dari cuaca ekstrem seperti banjir, genangan air, tanah longsor, angin kencang, pohon tumbang, dan kilat atau petir.

"Masyarakat umum, nelayan dan pelaku kegiatan wisata bahari mewaspadai pontensi tinggi gelombang laut yang dapat mencapai 2 meter atau lebih di sekitar perairan selatan Bali," tambahnya.



Simak Video "Jakarta Diguyur Hujan Sejak Dini Hari, Netizen Ngeluh di Twitter"
[Gambas:Video 20detik]
(kws/kws)