Anggota Brimob Korban KKB Papua Disambut Tangis Keluarga di Rumah Duka

Lampung

Anggota Brimob Korban KKB Papua Disambut Tangis Keluarga di Rumah Duka

Tommy Saputra - detikSumut
Jumat, 02 Des 2022 10:38 WIB
Jasad almarhum Bripda Gilang saat tiba di rumah duka. (Tommy Saputra/detikSumut)
Jasad almarhum Bripda Gilang saat tiba di rumah duka. (Tommy Saputra/detikSumut)
Bandar Lampung -

Jasad Bripda Gilang Aji Prasetyo, anggota Brimob Polda Lampung yang tewas ditembak KKB Papua tiba di rumah duka. Tangisan pihak keluarga menyambut kedatangan almarhum.

Bripda Gilang tiba di rumah duka Desa Triharjo, Kecamatan Merbau Mataram, Lampung Selatan, diantarkan ambulans Biddokes Polda Lampung Jumat (2/12/2022) pagi ini sekitar pukul 07.30 WIB. Isak tangis pun tak terbendung, banyak keluarga Bripda Gilang yang tampak kehilangan dengan sosok almarhum yang dikenal humoris.

Pantauan di lokasi, Dimas Fernando (17), bersama keluarga yang lain terlihat menangis saat jasad almarhum tiba. Rencananya almarhum dimakamkan di TPU yang tak jauh dari rumah duka. Sebelum dimakamkan, pihak keluarga akan memandikan dan mensalatkan Bripda Gilang terlebih dahulu.


Sebelum sampai di rumah duka, jasad Bripda Gilang disemayamkan terlebih dahulu di Mako Brimob Polda Lampung untuk diberi penghormatan oleh rekan-rekannya di Satuan Brimob.

Bripda Gilang tiba di Mako Brimob Polda Lampung Jumat (1/12) dini hari sekitar pukul 02.00 WIB. Di sana almarhum disambut oleh seluruh pejabat di Polda Lampung.

Ditemui usai proses pemakaman, Santoso ayah Bripda Gilang mengatakan dirinya tidak punya firasat jika Gilang akan gugur dalam bertugas.

"Nggak ada firasat itu, sangat kaget mendapatkan kabar bahwa Gilang dikatakan gugur dalam bertugas. Apalagi ibunya, nggak berhenti menangis karena memang Gilang sangat dekat dengan dan adik-adiknya," kata dia, Jum'at (2/12/2022).

Menurut Santoso, Gilang pernah bercerita bahwa masa tugas nya di Papua akan segera selesai di akhir tahun ini.

"Iya dia pernah bilang bahwa tugasnya di Papua akan selesai, akhir tahun dia bilang akan pulang ke Lampung," ujar Santoso.

Kabid Humas Polda Lampung, Kombes Zahwani Pandra Arsyad mengatakan Bripda Gilang tewas setelah terlibat kontak senjata dengan sejumlah orang dari kelompok KKB Papua.

"Iya benar, pada saat itu 1 regu personil tengah melakukan patroli cipta kondisi Harkamtibmas, sampai di km 7 tepat nya di Jembatan rombongan mendapatkan penghadangan dari sekelompok orang yang diduga KKB yang melakukan penembakan dari arah sebelah kiri bawah jembatan secara brutal ke arah kendaraan yang ditumpangi oleh personil satgas OPS damai Cartenz dan mengakibatkan satu anggota satuan Brimob Polda Lampung meninggal dunia pada Selasa (30/11) sore," terang Pandra, kemarin.

Bripda Gilang tewas setelah mengalami luka tembak pada bagian punggung kiri. Selain Gilang, dua anggota Brimob Polda Lampung lainnya yakni Briptu Fazuarsah dan Bripda Dona Bagaskara yang menjadi korban penyerangan KKB Papua saat ini masih menjalani perawatan di Rumah Sakit Dekai, Papua.



Simak Video "Kapolri Sebut 12 KKB ditangkap, 48 Warga dan Aparat Tewas di 2022"
[Gambas:Video 20detik]
(astj/astj)