Hanya 2 Bulan, Polda Riau Sita 243 Kg Sabu dari Sindikat Pengedar Narkoba

Hanya 2 Bulan, Polda Riau Sita 243 Kg Sabu dari Sindikat Pengedar Narkoba

Raja Adil Siregar - detikSumut
Kamis, 29 Sep 2022 14:20 WIB
Polda Riau memusnahkan sabu dan ekstasi hasil tangkapan dua bulan terakhir.
Polda Riau memusnahkan sabu dan ekstasi hasil tangkapan dua bulan terakhir. (Foto: Raja Adil Siregar/detikSumut)
Pekanbaru -

Tindak pidana penyalahgunaan dan peredaran narkotika di Riau masih sangat tinggi. Hanya dalam dua bulan terakhir, Polda Riau berhasil menyita sebanyak 243 kg sabu dan 405 ribu butir ekstasi dari sejumlah operasi penangkapan di beberapa daerah.

Barang bukti tersebut kemudian dimusnahkan oleh polisi. Bukan diblender, sabu dan ekstasi itu justru direbus dengan campuran detergen.

Pemusnahan barang bukti dilakukan di halaman belakang Mapolda Riau. Hadir dalam pemusnahan Wakapolda Brigjen Polisi Tabana Bangun dan pejabat utama Polda Riau.


Tabana Bangun mengatakan sabu dan ekstasi didapat dari ungkap kasus tim gabungan. Di mana sabu tersebut polisi dapat dari jaringan internasional.

"Barang-barang ini didapat dari ungkap kasus tindak pidana narkotika jaringan internasional. Ini untuk periode Agustus-September," kata Tabana di Mapolda, Kamis (29/9/2022).

Tabana mengatakan sabu dan ekstasi itu didapat dari tangkapan tim Ditresnarkoba dan Polres Dumai. Ada delapan kasus dan 27 tersangka ditangkap.

"Jumlah kasus ada 8, tersangka 27 orang dengan barang bukti 243 kg sabu dan 405 ribu butir atau lebih tepatnya 405.527 butir ekstasi," kata Tabana.

Setelah dicek oleh labfor, sabu dan ekstasi lalu dimusnahkan dengan cara direbus air panas. Sabu direbus hingga hancur dengan dicampur bubuk detergen.

Dalam kasus pertama, sabu dan esktasi diungkap tim Subdit III Ditresnarkoba pada 11 September lalu. Dari kasus itu ada 99,45 kg sabu dan 100.000 butir ekstasi disita dari 10 orang di Taman Karya Perum Citra Pekanbaru.

Untuk kasus kedua ada dari Polres Dumai pada 14 September 2022 dengan barang bukti 91,86 kg sabu dan 304.491 butir ekstasi. Dari kasus kedua diamankan dua tersangka di Tepi Pantai, Bandar Laksamana Bengkalis.

Ada pula dari Subdit I Ditresnarkoba pada 26 Agustus lalu. Dalam penangkapan itu ditemukan 39,58 kg sabu dari tiga orang di perairan Desa Suka Maju, Bengkalis.

Selanjutnya Subdit I Ditresnarkoba yang menangkap empat tersangka dengan 10,75 kg sabu. Mereka ditangkap di Kamar New Hollywood Hotel Jalan Kuantan Kota Pekanbaru.

Tak sampai disitu, Subdit I Ditresnarkoba kembali mengungkap 1.036 butir ekstasi dengan tiga tersangka. Mereka ditangkap di Jalan Jeruk Kota Dumai.

Pada bulan yang sama, Subdit II kembali menangkap satu tersangka dengan bukti 693 gram sabu. Pelaku ditangkap di Hotel Fave Marpoyan Damai Pekanbaru.

Kasus lain yang juga diungkap Subdit II adalah tiga tersangka 113,01 gram sabu. Dalam kasus tersebut ada tiga tersangka diamankan di Perum Mujahidin Jalan Pahlawan Pekanbaru.

Terakhir Subdit III Ditresnarkoba juga mengungkap 784,48 gram, sabu di Jalan Thamrin Pekanbaru. Dari kasus itu ada seorang tersangka diamankan.



Simak Video "Dramatis! Proses Evakuasi Anak Gajah dari Galian di Riau"
[Gambas:Video 20detik]
(ras/dpw)