Kronologi Perampok Gasak Uang Rp 591 Juta di SPBU Lubuk Batang Sumsel

Sumatera Selatan

Kronologi Perampok Gasak Uang Rp 591 Juta di SPBU Lubuk Batang Sumsel

Prima Syahbana - detikSumut
Selasa, 27 Sep 2022 18:01 WIB
Peristiwa perampokan di salah satu SPBU di OKU, Sumsel terekam CCTV.
Tangkapan layar saat aksi pencurian uang di SPBU (Istimewa/tangkapan layar)
Palembang -

Tiga perampok beraksi di SPBU Teluk Batang, Ogan Komering Ulu (OKU), Sumatera Selatan (Sumsel). Dalam aksi itu, mereka membawa kabur uang sebanyak Rp 591 juta yang baru saja diambil dua karyawan perkebunan dari bank.

Kasat Reskrim Polres OKU AKP Hilal menjelaskan peristiwa ini bermula ketika dua karyawan PT Mitra Ogan dan mitranya mendatangi Bank Mandiri di OKU dengan menggunakan satu unit mobil jenis Innova BG 1991 FF.

"Awalnya mereka datang ke bank hendak mencairkan uang untuk bayar gaji karyawan," kata Hilal kepada detikSumut, Selasa (27/9/2022).


Setelah beberapa jam proses pencairan berlangsung, uang tersebut mereka terima. Uang itu dimasukkan ke dalam tas yang kemudian diletakkan di jok tengah mobil. Uang itu akan dibawa ke kawasan TOR atau PT Mitra Ogan di Karang Dapo, Peninjauan, OKU.

"Setelah pencairan pelaku hendak membawa uang itu ke kawasan TOR, dengan melintasi TKP. Tapi, saat keluar dari bank mobil korban sudah dibuntuti tiga orang pelaku yang menggunakan dua motor," katanya.

Setibanya di lokasi kejadian, korban menghentikan mobilnya di sisi kanan antrean BBM sepeda motor diduga hendak mengisi Pertamax dengan menggunakan sebuah jeriken. Pertamax yang dibeli menggunakan jerigen itu bukan untuk mobil, melainkan digunakan untuk sepeda motor yang ada di rumah dan di kantor para korban.

"Di perjalanan, mereka ini berhenti di SPBU itu hendak mengisi Pertamax pakai jeriken, isianya cuma lima liter pakai jeriken oli itu. Pertamax itu katanya mau digunakan untuk motor di kantor atau di rumah," kata Hilal.

Saat hendak melakukan pengisian ke jeriken, terlebih dahulu sopir mobil itu terlibat percakapan dengan operator SPBU, saat itulah pelaku memanfaatkan situasi. Meski di bangku penumpang depan ada satu korban lainnya, itu tak mengurungkan niat pelaku mengambil tas berisi uang tersebut dengan santai.

"Setelah tahu uang itu dicuri, mereka bersama warga hingga petugas SPBU mencoba mengejar pelaku, yang kabur menggunakan sepeda motor, namun tak berhasil," jelasnya.

Atas kejadian itu, korban bernama Yasmin Sinambela, Asisten Tata Usaha PT Mitra Ogan, Karang Dapo, Peninjauan yang merupakan pengemudi mobil tersebut melaporkan ke polisi.

Meski Yasmin mengaku khilaf dan tidak tahu jika rekannya, seorang kasir bernama Mardi Sentosa telah meletakkan uang tersebut di jok tengah mobil, keduanya juga diperiksa polisi.

"Dari laporan tersebut, hingga saat ini kita masih melakukan penyelidikan termasuk memeriksa pelapor dan saksi," jelasnya.



Simak Video "Menikmati Manisnya Durian di Sudut Kota Palembang Sumatera Selatan"
[Gambas:Video 20detik]
(dpw/astj)