Banding Diterima Hukuman Alex Noerdin Disunat jadi 9 Tahun

Sumatera Selatan

Banding Diterima Hukuman Alex Noerdin Disunat jadi 9 Tahun

Prima Syahbana - detikSumut
Kamis, 08 Sep 2022 15:51 WIB
Mantan Gubernur Sumatera Selatan yang kini menjabat anggota DPR Alex Noerdin mendatangi ditangkap dan ditahan oleh Kejagung atas dugaan kasus pengadaan gas bumi BUMD Sumsel.
Alex Noerdin. (Foto: dok. detikcom)
Palembang -

Mantan Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin, terdakwa kasus korupsi Masjid dan Gas Bumi mengajukan banding atas vonis 12 tahun yang diterimanya. Dari banding itu, Pengadilan Tinggi (PT) Palembang memutuskan mengurangi hukum Alex menjadi 9 tahun penjara.

Putusan itu disampaikan Pejabat Humas Pengadilan Negeri (PN) Palembang, Sahlan Efendi, berdasarkan salinan putusan yang ia terima dari PT Palembang, pada Rabu (7/9) kemarin.

"Isinya mengabulkan permohonan banding, memperbaiki putusan PN Palembang atas nama terdakwa Alex Noerdin," kata Sahlan saat dikonfirmasi wartawan, Kamis (8/9/2022).


Dalam salinan putusan itu, Alex dinyatakan terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah, melakukan tindak pidana korupsi secara bersama-sama sebagaimana dakwaan kesatu Primair dan tindak pidana korupsi secara berlanjut dalam dakwaan kedua Primair.

Tidak hanya terhadap mantan Gubernur Sumsel dua periode itu, pihaknya juga mengaku mendapat salinan putusan banding dari PR untuk tiga terdakwa lainnya yakni Muddai Madang, A Yaniarsah Hasan serta Caca Isa Saleh, di kasus Gas Bumi.

Sementara untuk banding terdakwa Muddai Madang juga diterima di duas kasus yang sama dengan Alex juga mendapatkan keringanan. Muddai yang sebelumnya divonis PN 12 tahun penjara, kini berkurang menjadi 11 tahun atas putusan PT

Sedangkan terhadap Caca Isa Saleh dan A Yaniarsah Hasan, putusan bandingnya menguatkan putusan Pengadilan Tipikor Palembang dengan menjatuhkan pidana kepada masing-masing terdakwa selama 11 tahun penjara.

"Untuk pertimbangan putusan banding seperti apa, kita belum baca keseluruhan isi salinan putusan, karena baru kita terima kemarin. Dan ini juga belum kita informasikan lebih lanjut kepada tim penasihat hukum para terdakwa dan JPU," ungkapnya.

Diberitakan sebelumnya, Alex Noerdin divonis 12 tahun penjara. Vonis tersebut dijatuhkan majelis hakim terkait dua kasus dugaan korupsi yang menjeratnya sebagai terdakwa.

Diketahui, terdakwa Alex Noerdin divonis dalam dua kasus dugaan korupsi Masjid Sriwijaya dan pembelian gas bumi Perusahaan Daerah Pertambangan dan Energi (PD PDE) Sumsel.

Vonis itu disampaikan dalam sidang agenda putusan yang diketuai Hakim Yose Rizal. Sidang itu digelar virtual di PN Tipikor Palembang, Rabu (15/6/2022). Vonis yang dijatuhkan ke Alex Noerdin itu pun lebih ringan dari tuntutan jaksa yakni 20 tahun penjara.

Pria yang kerap disapa bapak pembangunan Sumsel itu, kata hakim, dinyatakan terbukti bersalah telah melakukan pidana korupsi bersama-sama.



Simak Video "Polri: Kakak Asuh Ferdy Sambo Itu Tidak Ada"
[Gambas:Video 20detik]
(dpw/dpw)