Sumatera Selatan

4 Spesialis Pencuri Mobil Pikap di Sumsel Ditangkap Polisi

Prima Syahbana - detikSumut
Kamis, 18 Agu 2022 13:21 WIB
Empat anggota komplotan pencuri kendaraan ditangkap Polda Sumsel.
Empat anggota komplotan pencuri kendaraan ditangkap Polda Sumsel. (Foto: Prima Syahbana/detikSumut)
Palembang -

Polisi berhasil menangkap empat orang anggota komplotan pencurian kendaraan bermotor di Sumatera Selatan (Sumsel). Dalam menjalankan aksinya, komplotan ini mengincar mobil pikap.

"Iya, mereka ini komplotan spesialis pencurian mobil. Sudah kita tangkap, ada dua yang diberikan tindakan tegas terukur. BB (barang bukti mobil) nya juga kita sita," ujar Kasubdit Jatanras Ditreskrimum Polda Sumsel Kompol Agus Prihadinika kepada detikSumut, Kamis (18/8/2022).

Adapun identitas keempat pelaku yang ditangkap yakni, Rio Apriansyah (35) warga Lahat, Adi Wijaya (35) warga Banyuasin dan seorang narapidana sedang menjalani penahanan di Lapas Pangkalan Balai, Banyuasin, Jeri Ramansyah (36), mereka bertugas sebagai pencuri mobil.


Sementara, Hariyanto (42) warga Musi Rawas dan Makmur (48) warga Jambi, keduanya, kata Agus, merupakan penadah mobil curian tersebut. Sejauh ini para pelaku sudah mencuri setidaknya lima mobil pikap.

"Para pelaku yang kita tangkap perannya berbeda, ada yang melancarkan aksi pencurian dan sebagai penadah mobil curian itu. Untuk satu lagi yang di Lapas itu juga merupakan pelaku pencurian," katanya.

Menurut Agus, mereka ditangkap pada Minggu (14/8) lalu di beberapa lokasi berbeda oleh tim Unit IV Jatanras. Dari penangkapan itu, sebanyak lima mobil pikap hasil curian disita, diantaranya 1 unit Grandmax, 2 unit L300, 1 Strada singel cabil dan 1 untin Teiton doble cabin.

Dalam melancarkan aksinya, sambung Agus, para pelaku sengaja menyiapkan satu unit mobil HRV dan mengincar mobil pikap yang rata-rata diperkirakan pemiliknya di pinggir jalan.

"Para pelaku sengaja mengincar mobil jenis pickup lantaran minim pengaman tambahan seperti alarm. Mereka beraksi pada dini hari, dimana kondisi tersebut pemilik dalam kondisi lengah," katanya.

Dari catatan kepolisian, lanjut Agus, komplotan itu sudah beraksi sebanyak 12 kali di wilayah hukum Polda Sumsel. Dari 12 TKP tersebut, selain mobil pikap sindikat ini juga pernah membawa kabur satu unit truk bermuatan galon dan dua unit motor jenis matic.

"Dua pelaku kita lumpuhkan karena melakukan perlawanan saat akan ditangkap. Para pelaku dikenakan Pasal berbeda yakni Pasal 363 dan Pasal 480 KUHP. Hingga kini, kita masih mengembangkan kasus pencurian spesialis mobil pikap ini," jelas Kompol Agus.



Simak Video "Polisi Ringkus 14 Pelaku Curanmor di Cianjur, 4 di Antaranya Residivis"
[Gambas:Video 20detik]
(dpw/dpw)