Sumatera Selatan

Kronologi Polisi Sumsel Curi Mesin ATM BRI di Lubuklinggau

Prima Syahbana - detikSumut
Selasa, 16 Agu 2022 17:07 WIB
Garis polisi dipasang di galeri ATM yang dicuri oknum polisi di Lubuklinggau.
Garis polisi dipasang di galeri ATM yang dicuri oknum polisi di Lubuklinggau. (Foto: Istimewa)
Lubuklinggau -

Sebuah mesin ATM Bank BRI di Lubuklinggau, Sumatera Selatan rusak akibat dicuri dengan cara ditarik menggunakan mobil pikap pakai tali sling baja. Pelakunya adalah oknum polisi yang bertugas di Polres Empat Lawang dan dua rekannya.

Kapolres Lubuklinggau AKBP Harissandi mengatakan, kejadian itu bermula ketika ketiga pelaku yang salah satunya merupakan oknum polisi yang bertugas di Polres Empat Lawang, Bripda M Kurniadi (26), awalnya meminjam satu unit mobil Taft Hilene jenis pikap BG 1248 AR warna hitam, milik seorang warga di Kabupaten Empat Lawang.

"Dengan mengunakan mobil Daihatsu Taft warna hitam, pelaku berjumlah tiga orang itu datang ke Lubuklinggau," kata AKBP Haris, Selasa (16/8/2022).


Sesampainya di Lubuklinggau, para pelaku awalnya mengintai terlebih dahulu mesin ATM yang berada di seberang kantor Pengadilan Agama, Lubuklinggau, Jalan Yos Sudarso, Lubuklinggau Timur 1 tersebut.

"Mereka langsung menuju galery mesin ATM BRI di depan Pengadilan Agama Lubuklinggau," katanya.

Setelah merasa situasi di sekitar lokasi kejadian aman, para pelaku memulai aksinya. Aksi itu mereka diawali dengan mematikan aliran listrik di mesin ATM yang hendak mereka curi.

"Pelaku merusak aliran listrik yang ada di galeri mesin ATM BRI tersebut dengan tujuan agar apa yang pelaku lakukan tidak terekam (kamera) CCTV," ungkapnya.

Kemudian, para pelaku langsung mengikatkan sling baja yang mereka bawa, ke mesin ATM tersebut. Setelahnya, tali baja itu juga diikat di bagian belakang mobil yang sudah mereka persiapkan.

"Kemudian pelaku menarik paksa mesin ATM mengunakan mobil yang telah di lengkapi dengan tali sling, dengan tujuan mau mengambil uang yang ada di dalam mesin ATM," katanya.

Hanya saja, setelah mesin tersebut tertarik para pelaku kesulitan untuk memasukkannya ke dalam mobil dikarenakan bobot mesin ATM itu sangat berat. Bahkan, karena tak kunjung bisa mengangkut mesin ATM itu, aksi mereka akhirnya dipergoki warga sekitar.

Para pelaku pun kabur lari tunggang langgang meninggalkan mobil yang mereka pinjam beserta barang bukti lainnya di lokasi kejadian.

Warga sekitar merekam kejadian itu dan melaporkannya ke polisi. Pihak BRI yang tahu mesin ATM nya dicuri juga langsung membuat laporan polisi. Laporan bernomor: LP/B 179/VIII/2022, diterimanya Polres Lubuklinggau hari itu juga, Minggu (14/8).

"Atas peristiwa tersebut BRI Cabang Lubuklinggau mengalami kerugian berupa 1 unit mesin ATM merek WINCOR PROCAH 280 warna silver DENON /pecahan Rp 100 ribu, jika di taksir senilai Rp 500.700.000,-," jelasnya.

Dari laporan tersebut, petugas kemudian melakukan olah TKP dan memasang garis polisi. Sejumlah baranf bukti seperti mesin ATM berikut uang, 1 unit mobil dan 1 tali baja langsung diamankan.

Setelah dilakukan penyelidikan didapat informasi bahwa mobil itu milik seorang warga di Empat Lawang. Mobil tersebut sebelumnya dipinjam oleh Bripda Kurniadi dan kedua rekannya. Bripda Kurniadi pun ditangkap sore harinya, sementara kedua rekannya (DPO) hingga saat ini masih diburu.

"Dari informasi itu, kita menyelidiki dan mengamankan 1 unit mobil. Mobil tersebut ternyata dipinjam pelaku dari seseorang di Empat Lawang. Dari situlah terungkap aksi tersebut dilakukan mereka. Sekitar pukul 16.30 WIB, dia kita tangkap di kediamannya di Empat Lawang," terangnya.

"Yang dua lagi masih kita kembangkan. Masih kita kejar karena saat kita melakukan penangkapan di rumahnya, tidak ada," jelasnya.



Simak Video "Aksi Penangkapan Dua Tahanan Lapas Lubuklinggau yang Kabur"
[Gambas:Video 20detik]
(dpw/dpw)