Lampung

Polisi Bongkar Sindikat Perdagangan Anak di Bandar Lampung

Tommy Saputra - detikSumut
Kamis, 11 Agu 2022 18:25 WIB
Ilustrasi perdagangan orang/prostitusi (Fuad Hashim/detikcom)
Ilustrasi perdagangan orang (Fuad Hashim/detikcom)
Bandar Lampung -

Unit PPA Satreskrim Polresta Bandar Lampung berhasil membongkar sindikat human trafficking atau perdagangan orang dari dalam kamar hotel di Bandar Lampung. Beberapa korban perdagangan orang itu masih di bawah umur.

Kasatreskrim Polresta Bandar Lampung, Kompol Dennis Arya Putra mengungkapkan, sindikat itu beroperasi di satu kamar di Redoorz Royale Guesthouse yang berada di Jalan Patimura, Teluk Betung Utara. Penggerebekan itu sendiri dilakukan petugas dini hari tadi.

"Iya benar, disalah satu kamar penginapan kami mendapati tujuh orang pelaku yang diduga sebagai kelompok penjualan orang," katanya.


Selain tujuh pelaku, di dalam kamar itu polisi mendapati lima perempuan yang diduga menjadi korban. Empat di antaranya masih remaja berumur belasan tahun. Mereka diduga hendak ditawarkan kepada pria hidung belang dalam praktik prostitusi.

"Korbannya ada lima, empat orang masih kami mintai keterangan sementara seorang lagi harus dirawat di Rumah Sakit karena kondisi tubuhnya lemah. Ini korbannya empat masih berumur belasan tahun," ujar dia.

Ditanya terkait peran para pelaku, disebutkan Dennis bahwa mereka (pelaku) telah memiliki peran berbeda.

"Jadi yang jelas perannya bermacam-macam dan itu masih kami dalami," ujarnya.

Menurut dia, salah satu modus yang digunakan para pelaku adalah menawarkan para perempuan itu kepada pria hidung belang melalui apliksi MiChat dan media sosial lainnya.

"Jadi ini adalah TPPO anak di bawah umur yang mana pola sementara, niat mereka memang melakukan pola perdagangan terhadap anak-anak kecil tersebut baik melalui aplikasi MiChat, sosial media maupun menawarkan secara langsung," ungkap Dennis.

Adapun kelima korban yang diamankan berinisial SP (15), TA (14), SN (15), LS (21) dan DK (15) merupakan warga Bandar Lampung.

Sedangkan tujuh laki-laki yang diamankan yakni DV (16), DO (18), FK (19), IS (19), FB (18), OP (26) serta MS (20) juga tercatat sebagai warga Bandar Lampung. Saat ini para pelaku masih diperiksa di Mapolresta Bandar Lampung.



Simak Video "Dua Emak-emak di Pinrang Dibekuk Terkait Perdagangan Anak Lintas Negara"
[Gambas:Video 20detik]
(dpw/dpw)