Lampung

Polisi Beberkan 4 Kesalahan Motor Ninja Ditilang di Depan Dealer

Tim detikSumut - detikSumut
Jumat, 24 Jun 2022 12:18 WIB
viral pemotor ditilang baru keluar dari dealer
Foto: Screenshot instagram undercover.id
Bandar Lampung -

Sebuah video yang memperlihatkan polisi menilang sepeda motor jenis Kawasaki Ninja berwarna biru di depan dealer, viral di media sosial. Kabid Humas Polda Lampung Kombes Zahwani Pandra Arsyad menjelaskan fakta yang sebenarnya.

Pandra mengatakan peristiwa itu terjadi pada Rabu (22/6) lalu di Jalan Jendral Ahmad Yani Kota Bandar Lampung. Dia menipis bahwa kendaraan tersebut baru keluar dari dealer.

"Itu motornya tahun 2021," ujar Pandra, Jumat (24/6/2022).


Dia mengaku Polda Lampung saat ini tengah melaksanakan Operasi Patuh Krakatau 2022 dari 13-26 Juni 2022. Sehingga ketika ada kendaraan yang diduga melakukan pelanggaran diberhentikan petugas.

"Rabu itu pada 22 Juni, ditemukan seorang pengendara yang didampingi seorang penumpang yang saat itu tengah melintas di Jalan Raya Jendral Ahmad Yani Kota Bandar Lampung. Kemudian seorang petugas di sini Aiptu Toni Arnaldo yang sedang bertugas melakukan pemberhentian untuk dilakukan edukasi secara humanis," jelasnya.

Saat dilakukan pemberhentian, Pandra menyebut ditemukan beberapa pelanggaran dari pengendara sepeda motor itu. "Pada saat dilakukan pemberhentian ditemukan empat pelanggaran pada kejadian tersebut," katanya.


Untuk pelanggaran pertama yakni SIM pengendara sudah habis masa berlakunya. Kedua, menggunakan kendaraan bermotor tidak sesuai dengan nomor STNK. "Yang sebenarnya itu berwarna hitam tapi di fakta itu stiker warna biru," ujar Pandra.

Sedangkan untuk pelanggaran ketiga yakni kendaraan itu tidak menggunakan plant nomor baik di sisi depan ataupun belakang. Terakhir kendaraan itu juga menggunakan knalpot brong, tidak sesuai standar yang menimbulkan kebisingan. "Empat pelanggaran," tegasnya.

Saat akan dilakukan tindakan persuasif oleh polisi, Pandra menyebut pengendara itu langsung membelokkan sepeda motornya hingga ke depan dealer. Kemudian penumpang dari sepeda motor itu memvideokan.

"Saat akan dilakukan tindakan persuasif, dia kemudian membelokkan kendaraannya ke dealer tersebut, kemudian pendamping atau kerabat memvideokan kemudian memviralkan. Video viral sejak 23 Juni kemarin," ungkapnya.

Karena ditemukan pelanggaran maka polisi melakukan tindakan. "Penindakan itu ditilang," tutupnya.

Sebelumnya diberitakan video yang memperlihatkan polisi menilang sepeda motor Kawasaki Ninja berwarna biru di depan dealer, viral di media sosial. Video itu pun jadi perbincangan netizen.

Dilihat detikSumut Jumat (24/6/2022) di video terlihat seorang pria memakai jaket hitam dan helm melayangkan protes kepada polisi. Pria tersebut keberatan motor ninjanya ditilang karena baru saja keluar dealer.

"Ini posisinya udah di dealer pak, bukan di jalan," ungkap seorang pria tersebut.

"Mau di dealer mau di jalan," sahut polisi tersebut.

Video bertuliskan 'baru beli motor ditilang' pertama kali diunggah akun TikTok fendimobile775. Namun video tersebut kini sudah dihapus. Meski begitu, beberapa akun sudah sempat mengambil video itu untuk kemudian diunggah kembali. Salah satunya oleh akun Instagram undercover.id.

Warganet pun ramai-ramai menghujani kolom komentar. Banyak diantaranya menyudutkan pihak kepolisian. Tapi ada beberapa juga yang menunggu kejelasan dari kejadian sebenarnya.



Simak Video "Ini Peran 2 Selebgram Diringkus Polisi Terkait Judi Online"
[Gambas:Video 20detik]
(astj/astj)