Hari Batik Nasional, Sandiaga Uno Dorong Batik Riau Menyapa Dunia

Riau

Hari Batik Nasional, Sandiaga Uno Dorong Batik Riau Menyapa Dunia

Raja Adil Siregar - detikSumut
Minggu, 02 Okt 2022 22:59 WIB
Pameran Hari Batik di Mall Pekanbaru, Minggu (2/9/2022). Istimewa
Pameran Hari Batik di Mall Pekanbaru, Minggu (2/9/2022). Istimewa
Pekanbaru -

Pembatik Riau saat ini masih gencar-gencarnya memproduksikan batik serta mempromosikan sampai ke tingkat Internasional. Bahkan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahudin Uno mendukung batik Riau bisa menyapa dunia dan populer. Dukungan itu disampaikan Saniaga Uno saat menghadiri pameran Hari Batik di Mall Pekanbaru secara virtual.

"Batik Riau menyapa dunia. Sebagai putra Riau saya sangat bangga bahwa hari ini kita rayakan Hari Batik Nasional. Pertama-tama apresiasi kepada RSI (Rumah Sandiuno Indonesia) dan Puan Aspekraf," kata Sandi mengapresiasi kedua pelopor pameran Hari Batik Nasional di Riau, Minggu (2/9/2022).

Sandiaga menilai potensi batik Riau bisa dikembangkan dan menjadi primadona masyarakat. Sandi menyebut 2 Oktober adalah menjadi hari bersejarah bagi batik nasional. Bahkan batik telah mendapat pengakuan dunia yang harus jadi kebanggaan masyarakat di tanah air.


"2 Oktober adalah Hari Batik yang sudah mendapat pengakuan dunia. Oleh karena itu kita patut bangga, seperti saya yang bangga mengenakan rompi dan tanjak khas Riau," kata Sandi yang disambut Riuh peserta pameran.

Sandi menikai batik merupakan salah satu bagian dari subsektor ekonomi kreatif yaitu fashion. Subsektor ini berkontribusi dan hampir menyerap 4 juta tenaga kerja, industri kreatif batik juga telah berhasil melalui tantangan hantaman Pandemi COVID-19.

"Saya ingin semua di Riau bangga dan beli produk-produk buatan Indoneesia. Jadikan Hari Batik Indonesia sebagai momentum, kita harus punya rasa memiliki dan meyakini bahwa pelestarian batik adalah identitas bangsa," kata Sandi.

Ini tanggapan ketua RSI Wilayah Riau. Baca selanjutnya...



Simak Video "Menparekraf Jawab Isu Larangan Konser hingga Akhir Desember 2022"
[Gambas:Video 20detik]