Beli Minyak Goreng Wajib Pakai PeduliLindungi, Disperindag Tunggu Regulasi

Beli Minyak Goreng Wajib Pakai PeduliLindungi, Disperindag Tunggu Regulasi

Kartika Sari - detikSumut
Jumat, 24 Jun 2022 19:22 WIB
Infografis rencana penghapusan minyak goreng curah
Ilustrasi minyak goreng curah. (Foto: Infografis detikcom/Fuad Hasim)
Medan -

Sistem pembelian minyak goreng curah rakyat (MGCR) akan diubah pemerintah. Dalam kebijakan itu, pemerintah mewajibkan penggunaan aplikasi PeduliLindungi untuk pembelian minyak goreng curah. Masa transisi perubahan ini dimulai pekan depan.

Menanggapi hal itu, Kepala Perindustrian dan Perdagangan (Kadisperindag) Sumut Aspan Sofyan mengungkapkan, saat ini Sumut sedang menunggu surat edaran resmi dari pemerintah pusat, soal teknis dari regulasi itu.

"Kita masih menunggu peraturannya. Tadi juga sudah kita koordinasikan ke pusat dan mereka sedang mempersiapkan regulasinya. Kita diminta untuk menunggu edaran itu," ungkap Aspan kepada Detik Sumut, Jumat (24/6/2022).


Diketahui, masyarakat yang ingin membeli Minyak curah wajib menggunakan aplikasi PeduliLindungi atau NIK dengan maksimal 10 kg per hari.

Adapun Harga Eceran Tertinggi (HET) yang ditetapkan seharga Rp 14.000 per liter atau Rp 15.500 per kg.

Dilansir dari Instagram minyakita.id, akun resmi penjualan dan pembelian minyak goreng curah rakyat (MGCR), para konsumen dapat datang ke pengecer. Setelah itu, konsumen wajib scan QR Code PeduliLindungi yang ada di toko.

Jika hasil scan berwarna hijau, konsumen bisa membeli MGCR maksimal 10 kg. Sementara itu, jika berwarna merah, konsumen tidak dapat membeli MGCR.

Pembelian dengan sistem PeduliLindungi ternyata mendapat beragam tanggapan dari warga Medan.

Risma, ibu rumah tangga merasa penggunaan aplikasi PeduliLindungi cukup memberatkan, terlebih bagi masyarakat yang tidak memiliki ponsel atau HP.

"Aduh, mau beli minyak pun susah kali ya mesti kayak gitu. Gimana kalau di kampung-kampung yang HP saja kadang gak ada belum lagi sinyalnya juga. Ya tapi mau gimana lagi kalau udah begitu aturannya," kata Risma.



Simak Video "Warga soal Beli Migor Curah Pakai PeduliLindungi: Ada-ada Saja! "
[Gambas:Video 20detik]
(dpw/dpw)