Wabup Madina Atika, Sosok Pemberani Desak Kegiatan PT SMGP Dihentikan

Wabup Madina Atika, Sosok Pemberani Desak Kegiatan PT SMGP Dihentikan

Tim detikSumut - detikSumut
Kamis, 29 Sep 2022 10:59 WIB
Bupati Madina Jakfar Sukhairi Nasution bersama Wakil Bupati Madina Atika Azmi Utammi Nasution (dok: Situs Resmi Pemkab Madina)
Wakil Bupati Madina Atika Azmi Utammi Nasution (dok: Situs Resmi Pemkab Madina)
Mandailing Natal -

79 warga Mandailing Natal, Sumatera Utara dilarikan ke rumah sakit akibat keracunan. Di saat bersamaan PT SMGP sedang melakukan uji alir sumur.

Peristiwa keracunan itu terjadi Selasa (27/9) kemarin. 79 warga itu berasal dari Desa Sibanggor Julu dan Desa Sibanggor Tonga. Dari 79 orang itu, 36 dilarikan ke RSUD Panyabungan dan 44 lainnya ke RS Permata Madina.

Wakil Bupati Madina, Atika Azmi tidak terima warganya berulang kali mengalami insiden keracunan yang diduga akibat adanya aktivitas PT SMGP. Kemudian, dia mendesak pemerintah pusat untuk mencabut izin perusahaan itu.


Atika melakukan itu demi melindungi warganya. "Kita dari Pemerintah Daerah sudah berkaki kali meminta ke pemerintah pusat agar operasional PT SMGP dihentikan," kata Atika Azmi Utammi Nasution saat dikonfirmasi detikSumut, Selasa (27/9/2022).

Sebenarnya siapa Atika Azmi, sosok wanita yang menjadi Wakil Bupati Madina. Berikut profil singkatnya yang dirangkum dari berbagai sumber.

Atika Masih Berusia 29 Tahun

Nama lengkap: Atika Azmi Utammi, B.App.Fin, M.Fin.
Tempat Tanggal Lahir; Hutabaringin 1 Desember 1993.

Atika yang masih berusia 29 tahun bukan sosok sembarangan. Dia merupakan anak dari tokoh Madina yakni Khoiruddin Nasution dan Hamidah Lubis. Dia tercatat sebagai wakil bupati termuda wanita perempuan di Indonesia.

Atika juga merupakan lulusan dari luar negeri tepatnya di Universitas New South Wales, Australia pada tahun 2017. Kemudian pada Pilkada 2020 lalu, dia mendampingi Jafar Sukhairi Nasution.

Jafar dan Tika diusung oleh tiga partai politik yakni PKB, Partai Keadilan Sejahtera, dan Partai Hanura. Saat itu Pilkada Madina diikuti oleh tiga pasangan calon yakni nomor urut 1, HM Ja'far Sukhairi-Atika. Nomor urut 2 Dahlan Hasan-Aswin dan Sofwat-Beir di nomor urut 3.

Pilkada Madina sempat diwarnai pemungutan suara ulang (PSU) di beberapa TPS berdasarkan hasil putusan Mahkamah Konstitusi. Hingga akhirnya Jakfar-Atika dinyatakan sebagai pasangan calon terpilih dan dilantik. Saat itu Jakfar dan Atika melawan calon bupati petahana yakni Dahlan Hasan.

Riwayat Pendidikan

  • SDN 04 Kotanopan (1999-2005)
  • SMPN 1 Kotanopan (2005-2008)
  • SMAN 1 Kotanopan (2008-2011)
  • S1 University of New South Wales(2013-2015)
  • S2 University of New South Wales (2017-2017)

Riwayat Pekerjaan

  • Manajer Colaba Mart (2015-2017)
  • General Manajer Telaga Rahmat Indonesia (2015-sekarang)
  • Wakil Bupati Mandailing Natal (2021-)


Simak Video "Kepanikan Warga Madina Sumut yang Keracunan Gas PT SMGP"
[Gambas:Video 20detik]
(astj/astj)