Sumatera Barat

Sosok Rasuna Said, Pahlawan Asal Sumbar yang Muncul di Google Doodle

Tim detikNews - detikSumut
Rabu, 14 Sep 2022 11:48 WIB
Google Doodle Rasuna Said
Rasuna Said (Foto: Google)
Medan -

Google Doodle hari ini Rabu 14 September 2022 menampilkan wajah wajah Rasuna Said. Wanita asal Sumatera Barat itu adalah salah satu pahlawan nasional Indonesia, berikut profil singkatnya.

Dilansir detikNews Selasa (14/9/2022), Rasuna Said merupakan pahlawan nasional Indonesia yang memperjuangkan hak-hak wanita.

Berasal dari Sumatera Barat

Dilansir situs Kepustakaan Kongres Wanita Indonesia, Rasuna Said memiliki nama lengkap Hajjah Rangkayo Rasuna Said (H.R. Rasuna Said). Ia lahir di Maninjau, Agam, Sumatera Barat pada 14 September 1910. Hal ini menjadi alasan mengapa Rasuna Said muncul di Google Doodle pada 14 September, karena bertepatan dengan hari kelahirannya.


Rasuna Said adalah keturunan bangsawan Minang. Ayahnya bernama Muhamad Said, seorang saudagar Minangkabau sekaligus aktivitis pergerakan.

Pernah Dipenjara

Rasuna Said dikenal mahir berpidato mengecam pemerintahan Belanda. Rasuna Said juga adalah wanita pertama yang terkena hukum Speek Delict, yaitu hukum kolonial Belanda yang menyatakan bahwa siapapun dapat dihukum karena berbicara menentang Belanda.

Rasuna Said pernah ditangkap bersama dengan teman seperjuangannya Rasimah Ismail. Mereka dipenjara pada tahun 1932 di Semarang. Setelah keluar dari penjara, Rasuna Said meneruskan pendidikannya di Islamic College pimpinan KH Mochtar Jahja dan Dr Kusuma Atmaja.

Peran Rasuna Said dalam Kursi Pemerintahan

Setelah Kemerdekaan Indonesia, Rasuna Said aktif di Badan Penerangan Pemuda Indonesia dan Komite Nasional Indonesia. Kemudian, Rasuna Said berperan Dewan Perwakilan Sumatra mewakili daerah Sumatra Barat setelah proklamasi kemerdekaan.

Lalu, Rasuna Said diangkat sebagai anggota Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia Serikat (DPR RIS), kemudian menjadi anggota Dewan Pertimbangan Agung setelah Dekrit Presiden 5 Juli 1959 sampai akhir hayatnya.

Rasuna Said meninggal dunia di Jakarta, 2 November 1965 pada umur 55 tahun. Jenazahnya dimakamkan di TMP Kalibata, Jakarta Selatan.

Rasuna Said Anak Santri

Rasuna Said sempat menempuh pendidikan di pesantren Ar-Rasyidiyah. Saat itu, ia adalah satu-satunya santri perempuan. Kemudian, Rasuna Said melanjutkan pendidikan di Diniyah Putri Padang Panjang.

Rasuna Said Ingin Memajukan Pendidikan Wanita. Baca Halaman Selanjutnya:



Simak Video "Sosok Rasuna Said, Pahlawan yang Jadi Google Doodle Hari Ini"
[Gambas:Video 20detik]