Nederlandse Padvinders Organisatie Cikal Bakal Pramuka di Indonesia

Tim detikEdu - detikSumut
Minggu, 14 Agu 2022 08:00 WIB
Apa Itu Pramuka? Pengertian, Sejarah dan Seputar Hari Pramuka
Ilustrasi (Foto: Kwartir Nasional Gerakan Pramuka)
Medan -

Pramuka begitu populer di Indonesia. Buktinya hampir seluruh sekolah memiliki ekstra kulikuler. Tapi, tahukah kamu tentang sejarah pramuka di Indonesia, kapan pertama kali terbentuk?

Mengutip dari buku Sejarah Pramuka Indonesia dan Cikal Bakal Jambore Nasional (2021) yang ditulis oleh Toto Sugiarto bahwa sejarah pramuka Indonesia di mulai ketika era penjajahan Belanda atau masa Hindia Belanda.

Organisasi kepramukaan di Indonesia bermula di tahun 1912 bernama Nederlandse Padvinders Organisatie (NPO) dan berganti nama menjadi Nederlands-Indische Padvinders Vereeniging (NIPV) pada tahun 1916.


Akan tetapi, organisasi kepramukaan yang secara langsung diinisiasi oleh S.P. Mangkunegara VII selaku orang Indonesia asli adalah Javaanse Padvinders Organisatie (JPO). Lahirnya organisasi ini juga selaras dengan kelahiran organisasi-organisasi lain di Indonesia, seperti Padvinder Muhammadiyah, Nationale Padvinderij, dan lain-lain.

Masuk ke fase awal kemerdekaan Indonesia, ada beberapa tokoh kepramukaan yang sepakat untuk membentuk "Panitia Kesatuan Kepanduan Indonesia" sebagai wujud dari perkumpulan organisasi kepramukaan di Indonesia.

Tepatnya, gerakan Pramuka ini secara resmi lahir pada 14 Agustus 1961. Gerakan pramuka ini memiliki lambang "Tunas Kelapa" dibentuk dengan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 238 Tahun 1961, tanggal 20 Mei 1961.

Hingga saat ini, gerakan pramuka ini menjadi organisasi yang sudah tertanam dalam kegiatan pembelajaran non-formal di Indonesia. Hingga pada Undang-undang Nomor 12 Tahun 2010 tentang Gerakan Pramuka diratifikasi oleh pemerintah.

Sejarah Pramuka Dunia

Pramuka yang lahir di Indonesia ini sebenarnya merupakan perkembangan dari pendidikan kepramukaan yang diajarkan oleh Baden Powell. Hingga saat ini, sudah ada Undang-undang Nomor 12 Tahun 2010 tentang Gerakan Pramuka yang mengandung substansi penting tentang organisasi ini.

Ada satu sosok yang sangat penting sebagai nafas dari gerakan ini. Siapa itu? Yakni ada Robert Stephenson Smyth atau yang dikenal sebagai Baden Powell.

Baden Powell lahir pada 22 Februari 1857 dan mengalami banyak pengalaman tidak terlupakan dalam hidupnya yang menjadi fondasi awal dari gerakan pramuka. Hal ini oleh dirinya ditulis dalam satu buku yang berjudul "Scouting for Boys" sebagai tulisan awal untuk suatu gerakan kepramukaan yang dirintisnya.

Tidak butuh waktu lama, buku yang ditulis olehnya berhasil menembus pasar buku di Inggris dan negara-negara Eropa lain. Sehingga momen ini dimanfaatkan oleh Baden Powell untuk mendiri organisasi kepramukaan yang bernama Boys Scout dengan anggota keseluruhan laki-laki pada tahun 1908.

Di tahun 1912, Agnes sebagai saudara perempuan Baden Powell menginisiasi gerakan kepramukaan untuk perempuan yang diberikan nama Girl Guides. Ada beberapa fase-fase penting dalam gerakan kepramukaan sedunia, yaitu:

  • Tahun 1916 berdiri kelompok pramuka usia siaga dengan nama CUB (anak serigala) dengan buku The Jungle Book karangan Rudyard Kipling sebagai pedoman kegiatannya. Buku ini bercerita tentang Mowgli si anak rimba yang dipelihara di hutan oleh induk serigala
  • Tahun 1918 beliau membentuk Rover Scout bagi mereka yang telah berusia 17 tahun
  • Tahun 1920 diselenggarakan Jambore Dunia yang pertama di Olympia Hall, London. Beliau mengundang pramuka dari 27 Negara dan pada saat itu Baden Powell diangkat sebagai Bapak Pandu Sedunia (Chief Scout of The World)
  • Tahun 1922 beliau menerbitkan buku "Rovering to Success" (Mengembara Menuju Bahagia). Buku ini menggambarkan seorang pemuda yang harus mengayuh sampannya menuju ke pantai Bahagia

Nah, itu adalah sejarah pramuka dunia dan Indonesia. Semoga menambah wawasan detikers!



Simak Video "Hati-hati! Ada Komplotan Penipu Wanita di Aplikasi Kencan, Motor Dibawa Kabur"
[Gambas:Video 20detik]
(astj/astj)