Taman Nasional Bunaken, Pesona Bawah Laut di Utara Sulawesi yang Memukau

Taman Nasional Bunaken, Pesona Bawah Laut di Utara Sulawesi yang Memukau

Edward Ridwan - detikSulsel
Selasa, 30 Agu 2022 02:30 WIB
bunaken
Keindahan alam bawah laut Taman Nasional Bunaken. (Foto: Ria Rahmawati/d'Traveler)
Makassar -

Taman Nasional Bunaken memiliki keindahan alam bawah laut yang memukau. Berada di Utara pulau Sulawesi, Bunaken menjadi habitat ratusan jenis terumbu karang.

Taman Nasional Bunaken berlokasi di Minahasa, Sulawesi Utara. Bunaken adalah kawasan konservasi taman laut yang terletak di segitiga terumbu karang.

Luas Taman Nasional Bunaken mencapai 79.056 Ha, dengan 97% merupakan ekosistem laut. Sisanya 3% merupakan daratan.


Daratan ini terdiri dari 5 pulau-pulau yang berderetan. Yakni, pulau Bunaken, pulau Manado Tua, pulau Mantehage, Naen, dan pulau Siladen.

Taman Nasional Bunaken menjadi salah satu surga bagi pecinta alam bawah laut. Aktivitas diving dan snorkeling dengan pemandangan berbagai spesies terumbu karang dan makhluk laut akan memanjakan mata.

Sejarah Taman Nasional Bunaken

Dilansir dari buku berjudul "Informasi Wisata Alam, Taman Nasional Bunaken" yang diterbitkan Balai Taman Nasional Bunaken, disebutkan bahwa Taman Nasional Bunaken adalah kawasan pelestarian alam yang ditetapkan berdasarkan Surat Keputusan Menteri Kehutanan Nomor: 730/Kpts-II/1991 pada tanggal 15 oktober 1991.

Secara geografis, kawasan ini terbagi menjadi 2 wilayah dimana bagian Utara terdiri dari pulau Bunaken, Manado Tua, Mantehage, Nian dan pesisir Molas-Tiwoho. Kemudian bagian selatan yaitu pesisir Desa Poopoh sampai Desa Popareng (Pesisir Arakan-Wawontulap).

Awalnya, pada tahun 1980 Gubernur Sulawesi Utara, Gustaf Hendrik Mantik (pada masa itu) menetapkan Bunaken sebagai obyek wisata Manado. Kemudian tahun 1984 ia memperluas obyek wisata alam Bunaken.

Setelah berbagai pengembangan, Taman Nasional Laut Bunaken diresmikan pada 15 Oktober 1991. Kemudian, pada tahun 2005 kawasan Taman Nasional Bunaken secara resmi diakui sebagai situs warisan dunia oleh UNESCO.

Kekayaan Flora dan Fauna Bunaken

Taman Nasional Bunaken merupakan kawasan konservasi yang mewakili ekosistem laut Indonesia. Bunaken terletak di segitiga terumbu karang, kawasan ini telah menjadi habitat bagi 390 jenis terumbu karang, ikan, moluska, reptile dan mamalia laut.

Keanekaragaman hayati dan biota laut ini telah menjadi daya tarik utama bagi wisatawan di taman Nasional Bunaken. Di Bunaken, pengunjung dapat melakukan aktivitas seperti diving atau snorkeling untuk melihat berbagai biota bawah laut yang mempesona.

Tercatat, terdapat lebih ari 58 genus dan sub-genus karang keras yang telah diidentifikasi. Sementara spesies ikan ada lebih dari 2.000 spesies.

Adapula ikan kupu-kupu yang mendiami perairan Bunaken paling sedikit terdapat 39 spesies. Selain itu juga terdapat 28 spesies mangrove, 9 spesies padang lamun, 200 spesies moluska, 8 spesies mamalia laut seperti duyung, lumba-lumba, dan reptilia penyu.

Bahkan di kawasan ini juga bisa ditemukan spesies ikan purba di sekitar teluk Manado yaitu Coelancanth (Latimeria manadoensis). Spesies ikan purba ini pertama kali ditemukan pada tahun 1998.