9 Gunung Berapi di Sulawesi dengan Pesona yang Memukau

Urwatul Wutsqaa - detikSulsel
Minggu, 07 Agu 2022 15:30 WIB
Ilustrasi Pendaki Gunung
Foto: Ilustrasi Pendaki Gunung (iStock)
Makassar -

Gunung berapi di Sulawesi bisa ditemukan pada beberapa wilayah, khususnya pada bagian utara Pulau Sulawesi. Sebagian besar gunung berapi di Sulawesi terletak di Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) karena daerah tersebut dekat dengan lempeng tektonik.

Beberapa gunung berapi di Sulawesi masih aktif dan tercatat memiliki aktivitas erupsi yang cukup sering. Meskipun begitu, gunung tersebut tetap aman untuk dijelajahi saat berapa dalam status normal.

Bagi yang suka bertualang dengan mendaki, beberapa rekomendasi gunung berapi di Sulawesi berikut ini bisa menjadi pilihan yang menarik untuk dijelajahi. Meskipun beberapa di antaranya masih terdengar asing, gunung tersebut menyimpan sejumlah keindahan yang tak kalah menarik dari gunung- gunung populer lainnya.


Berikut ini daftar gunung berapi di Sulawesi yang telah dirangkum oleh detikSulsel:

1. Gunung Ambang

Daftar gunung berapi di Sulawesi yang pertama adalah Gunung Ambang. Meskipun nama gunung berapi di Sulawesi ini masih asing bagi sebagian orang, rupanya Gunung Ambang menyimpan keindahan yang luar biasa.

Gunung Ambang merupakan salah satu gunung berapi di Sulawesi dengan ketinggian mencapai 1.795 mdpl. Menurut informasi, letusan terakhir Gunung Ambang dilaporkan terjadi pada tahun 1845.

Lokasi Gunung Ambang berada di Kecamatan Modayag, Kabupaten Bolaang Mongondow Timur, Sulawesi Utara. Untuk bisa mencapai lokasi gunung berapi di Sulawesi ini, pengunjung perlu melalui jalur menanjak dengan waktu tempuh 1-2 jam.

Jika ingin melakukan pendakian di Gunung Ambang, pendaki bisa melalui jalur pendakian via Bongkudai Baru dengan trek yang tidak begitu sulit dan cocok untuk pemula. Sepanjang jalur pendakian, pendaki bisa menyaksikan keindahan alam, serta beragam binatang endemik yang tersebar di sejumlah kawasan Gunung Ambang.

2. Gunung Awu

Salah satu gunung api di Sulawesi dengan pesona alam yang tak kalah menakjubkan adalah Gunung Awu. Gunung ini berada di wilayah Kabupaten Sangihe, Sulawesi Utara.

Bagi yang masih tergolong pendaki pemula, Gunung Awu bisa menjadi pilihan yang tepat untuk dijelajahi. Gunung berapi di Sulawesi ini memiliki puncak yang tidak terlalu tinggi dengan ketinggian 1.320 mdpl.

Gunung Awu merupakan salah satu gunung api di Sulawesi yang cukup aktif dengan potensi erupsi yang cukup tinggi. Letusan terakhir Gunung Awu dikabarkan terjadi pada tahun 2004 silam.

Jika ingin mendaki Gunung berapi di Sulawesi ini, para pendaki dapat mengaksesnya melalui kaki gunung yang terdapat di kelurahan Angges. Dari lokasi ini, pendakian dapat dilanjutkan dengan waktu tempuh sekitar 15 jam untuk mencapai puncak.

Selanjutnya Gunung Soputan...