15 Gunung Tertinggi di Indonesia, Recommended Didaki Saat HUT RI

Al Khoriah Etiek Nugraha - detikSulsel
Selasa, 02 Agu 2022 22:41 WIB
Puncak Gunung Cartenz
Ilustrasi Gunung Tertinggi di Indonesia - Foto: Dokumentasi Marinir
Makassar -

Gunung tertinggi di Indonesia sebagian besar berada di luar Jawa. Adapun ketinggian rata-ratanya di atas 3.000 meter di atas laut (mdpl).

Saat ini gunung yang paling tinggi adalah Puncak Jaya, terletak di Papua dengan ketinggian mencapai 4.884 mdpl. Sebagian besar gunung di Papua memiliki tinggi rata-rata di atas 4.000 mdpl.

Trek pendakian pada gunung di Indonesia pun sangat beragam, tentunya membuat para pencinta trekking, hiking dan pendaki gunung akan tertantang untuk menaklukkannya. Sebagian gunung tersebut terkenal dengan area yang sulit ditaklukkan oleh para pendaki, sehingga tidak direkomendasikan bagi pemula.


Meski begitu, ada pula beberapa daftar rekomendasi gunung yang bisa didaki oleh pemula tentunya dengan persiapan dan pendamping yang berpengalaman.

Nah, menjelang HUT kemerdekaan RI yang ke 77 tahun, Mendaki gunung bisa menjadi salah satu cara untuk merayakannya. Disamping mengibarkan bendera merah putih di puncak gunung, juga dapat menikmati keindahan alam dari ketinggian.

Lantas, apa aja rekomendasi gunung tertinggi untuk didaki saat HUT RI?

Gunung Tertinggi di Indonesia

Nah, berikut 15 daftar gunung tertinggi di Indonesia yang dirangkum detikSulsel dari berbagai sumber:

1. Puncak Jaya

Gunung Puncak Jaya terletak di Kabupaten Puncak Jaya, Papua. Puncak Jaya memiliki ketinggian mencapai 4.884 meter di atas permukaan laut (mdpl).

Gunung Puncak Jaya juga dikenal dengan nama Carstenzs Pyramid. Selain dikenal sebagai gunung tertinggi di Indonesia, Puncak Jaya dikenal luas sebagai salah satu dari 7 puncak tertinggi di 7 benua atau Seven Summits.

Nama Carstenzs pada Puncak Jaya sendiri diambil dari nama seorang pelaut berkebangsaan Belanda, Jan Carstenszoon. Dia merupakan orang pertama yang melaporkan keberadaan puncak-puncak yang diselimuti salju pada pegunungan tropis di wilayah New Guinea pada tahun 1623.

Sementara dalam bahasa lokal Papua, Puncak jaya dikenal dengan nama Nemangkawi Ninggok, yang berarti Puncak Panah Putih. Puncak ini pertama kali ditaklukkan oleh Heinrich Harrer pada tahun 1962.

Puncak ini merupakan salah satu destinasi wisata pendakian gunung favorit baik di kalangan pendaki lokal hingga mancanegara. Puncak Jaya sendiri merupakan salah satu gunung dari pegunungan Jayawijaya.

2. Gunung Sumantri

Gunung Sumantri memiliki nama lengkap Gunung Sumantri Brodjonegoro. Gunung Sumantri memiliki tinggi sekitar 4.870 mdpl.

Gunung Sumantri berada tidak jauh dari Gunung Puncak Jaya tepatnya sekitar 2 kilometer di sebelah utara. Salah satu gunung tertinggi di Indonesia ini memiliki kawasan berupa hutan gunung, hutan Dipterokarp dan Diptorekarp Atas serta hutan Montane.

Bagian utara gunung Sumantri terdiri atas tebing-tebing curam yang merupakan bagian Noordwand atau dinding utara dari gunung Puncak Jaya yang menyelimuti hampir keseluruhan sisi timur dan sisi barat gunung. Area pendakian gunung Sumantri dianggap sangat sulit untuk ditaklukkan bagi pendaki pemula.

Gunung Sumantri termasuk dalam rangkaian pegunungan Jayawijaya, bersama dengan Puncak Jaya. Gunung Sumantri memiliki lapisan salju yang disebut "es abadi".

3. Puncak Mandala

Puncak Mandala atau Puncak Juliana adalah salah satu gunung tertinggi di Indonesia yang juga berada di Papua. Puncak Mandala memiliki ketinggian 4.760 mdpl.

Puncak Mandala membentuk bagian pegunungan Bintang bagian timur dan berada dekat perbatasan Papua Nugini. Puncak Mandala juga terkenal sebagai gunung yang susah ditaklukkan, sehingga tidak sembarang orang bisa mendakinya.

Seperti halnya Puncak Jaya dan Sumantri, Puncak Mandala juga memiliki gletser salju yang terbilang tebal. Namun, gletser tersebut kian menipis karena perubahan iklim.

4. Puncak Trikora

Puncak Trikora merupakan gunung dengan ketinggian 4.730 mdpl. Puncak Trikora merupakan bagian dari pegunungan Jayawijaya, Papua.

Puncak Trikora disebut sebagai gunung yang lebih sulit ditaklukkan dibanding Puncak Jaya. Sebagai salah satu gunung tertinggi di Indonesia, Puncak Trikora memiliki suhu terendah sebesar 4 derajat celcius.

Seperti halnya kondisi gunung-gunung yang terletak di Pegunungan Jayawijaya, Puncak Trikora juga memiliki lapisan salju. Namun, juga bernasib sama kondisi salju di Puncak Trikora semakin terkikis karena pemanasan global.

Selanjutnya gunung Ngga Pilimsit...