9 Tips Mendaki Gunung yang Aman, Pendaki Pemula Wajib Tahu!

Al Khoriah Etiek Nugraha - detikSulsel
Minggu, 17 Jul 2022 14:57 WIB
Dusun Karangan di kaki Gunung Latimojong
Foto: Dusun Karangan, Gunung Latimojong. (Pradikta Kusuma/d'Traveler)
Makassar -

Tips mendaki gunung perlu dipahami oleh siapa saja yang berencana melakukan pendakian, utamanya bagi pendaki pemula. Sebab, mendaki gunung merupakan salah satu kegiatan yang memiliki risiko cukup tinggi.

Ketika hendak mendaki gunung, pendaki perlu memperhatikan cara-cara yang benar untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Hal ini penting untuk diketahui agar proses pendakian berjalan dengan baik hingga ke puncak, serta pendaki bisa pulang dengan selamat.

Tips mendaki gunung mencakup seluruh hal yang harus dilakukan ketika ingin mendaki gunung, termasuk juga persiapan-persiapan yang dilakukan sebelumnya. Persiapan sebelum mendaki gunung ini penting karena kelancaran proses pendakian akan bergantung dari persiapan yang dilakukan, tidak hanya persiapan logistik, tapi juga fisik dan mental.


Berikut ulasan lengkap tips mendaki gunung yang telah dirangkum oleh detikSulsel dari berbagai sumber. Ini bisa menjadi referensi bagi pemula yang belum pernah mendaki gunung sebelumnya.

1. Persiapan Fisik

Tips mendaki gunung yang pertama adalah melakukan persiapan fisik dengan maksimal sebelum melakukan pendakian. Lakukan olah raga secara rutin minimal sebulan sebelum melakukan pendakian untuk menguatkan otot-otot tubuh, terutama otot bagian kaki.

Dengan melakukan olah raga secara rutin, fisik akan lebih siap dan kuat untuk menghadapi medan pendakian. Selain itu mendaki gunung dengan persiapan fisik yang prima dapat membantu menghindari berbagai risiko gangguan kesehatan seperti hipotermia yang bisa saja terjadi saat pendakian.

Beberapa jenis olah raga yang bisa dilakukan antara lain jogging, sit-up, squat, serta berbagai latihan peregangan otot lainnya. Selain itu, juga bisa dilakukan dengan bersepeda yang dapat melatih kekuatan otot kaki.

2. Pelajari Lokasi Pendakian

Tips mendaki gunung yang perlu dilakukan saat memutuskan untuk mendaki adalah mempelajari lokasi yang menjadi tujuan pendakian. Hal ini penting dilakukan karena setiap gunung memiliki karakteristik dan tingkat kesulitan yang berbeda-beda.

Ini bisa dilakukan dengan menanyakan kepada orang lain yang telah mendaki pada lokasi tersebut, atau bisa juga dengan mencari tahu melalui internet. Tips mendaki gunung yang satu ini perlu dilakukan agar pendaki bisa lebih siap dalam menghadapi trek pendakian yang akan dilalui.

3. Mempersiapkan Peralatan Pendakian

Setelah melakukan persiapan fisik dan mempelajari lokasi pendakian, tips mendaki gunung selanjutnya adalah mempersiapkan peralatan pendakian dengan cermat. Persiapan peralatan ini tidak boleh dilakukan asal-asalan karena akan sangat mempengaruhi kelancaran proses pendakian.

Tips mendaki gunung harus memastikan membawa perlengkapan yang benar-benar dibutuhkan dan menghindari membawa alat yang tidak terlalu penting. Kemudian, pastikan juga semua alat yang dibutuhkan tersusun dengan baik sesuai dengan fungsinya masing-masing.

Ada beberapa alat pendakian yang wajib disiapkan pendaki, diantaranya, alat navigasi, alat penerangan, alat perlindungan dari sinar matahari, perlengkapan P3K, pisau lipat, serta korek api. Selain itu, tips mendaki gunung juga harus mempersiapkan asupan makanan yang memadai, kantong plastik untuk menyimpan pakaian kotor maupun sampah, jas hujan, pakaian ganti, serta air minum.

4. Pilih Gunung dengan Tingkat Kesulitan Rendah

Saat baru pertama kali mendaki gunung, memilih gunung dengan tingkat kesulitan pendakian yang rendah adalah salah satu tips mendaki gunung yang penting untuk diperhatikan. Jangan memaksakan diri mendaki gunung yang memiliki tingkat kesulitan yang tinggi, terlebih jika belum memiliki pengalaman yang cukup.

Tips mendaki gunung bagi pemula sebaiknya memulai pendakian pertama pada gunung dengan ketinggian yang relatif lebih rendah. Selain itu, perhatikan juga trek pendakian pada gunung yang akan didaki, usahakan gunung yang akan didaki memiliki trek yang tidak begitu sulit dan aman untuk dilalui oleh pemula.

Simak selengkapnya di halaman selanjutnya.