Keren! Siswa SMAN 4 Enrekang Borong Juara Kompetisi Tingkat ASEAN

Keren! Siswa SMAN 4 Enrekang Borong Juara Kompetisi Tingkat ASEAN

Rachmat Ariadi - detikSulsel
Selasa, 27 Sep 2022 18:58 WIB
Siswa SMAN 4 Enrekang borong juara tingkat ASEAN.
Foto: Siswa SMAN 4 Enrekang borong juara tingkat ASEAN. (dok. istimewa)
Enrekang -

Sebanyak 14 siswa SMAN 4 Enrekang, Sulawesi Selatan (Sulsel) berhasil mengharumkan nama Indonesia di kancah internasional. Mereka memborong juara pada ajang The ASEAN Intervarsity Youth Competition 2022 yang digelar di Thailand.

"Alhamdulillah, anak-anak kami kemarin baru saja menjuarai ASEAN Intervarsity Youth Competition 2022 yang digelar di Thailand. Jadi SMA Negeri 4 Enrekang borong juara 1, 2, dan 3 pada kompetisi tersebut," kata guru SMAN 4 Enrekang, Salman kepada detikSulsel, Selasa (27/9/2022).

Salman mengungkapkan, kegiatan tersebut berlangsung pada 15 hingga 20 September 2022. Sebanyak 14 siswanya lolos saat tes secara online dan berangkat menuju Songkla University di Thailand untuk bersaing dengan pelajar dari negara ASEAN lainnya.


"Jadi mereka bersaing dengan pelajar dari negara ASEAN lainnya. Dari 14 siswa kami, mereka saling berpasangan dalam satu tim, dan 3 tim dari SMA 4 Enrekang inilah yang sabet semua juara," ungkapnya.

Beberapa tema yang menjadi topik dalam perlombaan pelajar se-ASEAN itu di antaranya, keunggulan negara-negara di AEAN, sektor ekonomi, sosial, budaya, serta cara kerja sama negara ASEAN dengan negara maju lainnya.

Adapun nama siswa SMA 4 Enrekang yang berhasil menyabet penghargaan dalam kompetisi itu yakni, Muhammad Kelvin Tri Athira Abel dan Aldy Arianto juara sebagai juara 1, Muhammad Refqi dan Rezky Indra Syaputra sebagai juara 2, serta Abdul Jabbar Musra dan Ahmad Hidayat sebagai juara 3.

Salman mengutarakan, atas prestasi tersebut siswanya mendapatkan uang sebesar Rp 10 juta. Dengan rincian juara pertama mendapat 10.000 baht, juara kedua 7.000 baht, dan juara ketiga 3.000 baht.

"Kalau dirupiahkan sekitar Rp 10 juta. Tapi yang paling penting itu adalah pengalaman yang mereka dapat bisa bersaing dengan pelajar se-ASEAN," ucapnya.

Dia menambahkan, dirinya sebenarnya tidak pernah meragukan kemampuan siswanya. Pasalnya, kata dia, siswa SMAN 4 Enrekang sudah seringkali mendapatkan pengalaman berkompetisi, sehingga mentalnya sudah terasah.

"Jadi memang sekolah kami tidak hanya mengasah kemampuan siswa di bidang akademik, tapi juga mental," beber Salman.

"Kami berterima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung dan mendoakan anak-anak kami, mulai dari kepala sekolah dan pemerintah daerah Enrekang," tutupnya.



Simak Video "Banjir Bandang Terjang Enrekang, Wabup Akan Relokasi Warga"
[Gambas:Video 20detik]
(asm/sar)