Asal Usul Nama Tumming-Abu yang Melekat di Hati Warga Makassar

Urwatul Wutsqaa - detikSulsel
Rabu, 03 Agu 2022 20:42 WIB
Konten Kreator Makassar Tumming-Abu
Konten kreator Makassar Tumming-Abu (Dok. detikSulsel)
Makassar -

Sebagian besar masyarakat Makassar tentunya tidak asing lagi dengan nama Tumming-Abu. Konten kreator ternama asal Makassar ini banyak menjadi idola berkat kontennya yang kocak dan menghibur.

Nama Tumming-Abu yang telah melekat di hati warga Makassar rupaya menyimpan cerita yang cukup unik. Dalam podcast detik-detik launching detikSulsel, keduanya mengisahkan nama Tumming-Abu yang kini melekat sebagai nama panggilan mereka.

Pada kesempatan tersebut, Tumming bercerita bahwa panggilan Tumming yang menjadi sapaan akrabnya merupakan nama salah seorang yang pernah dikenalnya. Ia menyebut pemilik nama tersebut masih hidup sampai saat ini.


"Kalau Tumming itu adalah sejarahnya. Ada orangnya itu asli. Dia masih hidup sampai sekarang," ungkapnya dalam podcast detik-detik launching detikSulsel, Sabtu (30/7/2022).

Ia menjelaskan, nama tersebut disematkan kepadanya saat masih bersekolah di pesantren. Dirinya menggunakan nama seseorang yang merupakan warga sekitar tempat ia bersekolah dulu.

"Kan saya dulu di pesantren sekolah terus ada di samping sekolah itu dulu namanya Tumming, nah itu saya pakai namanya," ujar Tumming.

Sementara itu, nama Abu sendiri disematkan oleh teman tongkrongannya. Abu bercerita, saat itu diberi nama julukan Abu karena dianggap menyebalkan oleh teman-temannya.

"Kalau saya Abu dari pergaulan sehari-hari. Pakbals ki, ngeselin. Jadi mending ini mo deh, Abu," ujarnya.

Menurut penuturannya, nama Abu disematkan dengannya yang seringkali membuat teman tongkrongannya menjadi jengkel. Sementara, jika nama keduanya 'Tumming-Abu' disandingkan, akan terdengar cukup serasi.

"Kalau orang berpikir, Abu, pasti bikin jengkel ki," ujar Abu.

"Jadi kalau disandingkan ki Tumming Abu masuk ji lah," sambungnya.



Simak Video "UMKM Menjadi Salah Satu Fokus Dana Kembangkan Qris di Sulsel"
[Gambas:Video 20detik]
(urw/asm)