Bernardo Ragu Pertahankan Status Tak Terkalahkan PSM gegara Liga 1 Lama Vakum

PSM Makassar

Bernardo Ragu Pertahankan Status Tak Terkalahkan PSM gegara Liga 1 Lama Vakum

Ibnu Munsir - detikSulsel
Kamis, 01 Des 2022 05:20 WIB
Pelatih PSM Makassar Bernardo Tavares memimpin latihan di Stadion Kalegowa.
Pelatih PSM Makassar Bernardo Tavares memimpin latihan di Stadion Kalegowa. Foto: Ibnu Munsir/detikSulsel
Makassar -

Pelatih PSM Makassar Bernardo Tavares tidak yakin timnya bisa mempertahankan status tidak terkalahkan di Liga 1 2022/2023. Hal tersebut dikarenakan PSM terganggu dengan kompetisi yang terlalu lama tertunda imbas Tragedi Kanjuruhan.

"Kita tak bisa memprediksi apa yang akan terjadi, bisa saja di pertandingan selanjutnya kita kalah, imbang dan menang," kata Bernardo kepada wartawan di Stadion Kalegowa, Rabu (30/11/2022).

Terlebih lanjut Bernardo, Liga 1 musim ini vakum cukup lama imbas Tragedi Kanjuruhan. Menurutnya hal tersebut sangat mengganggu persiapan timnya untuk menjaga konsistensi permainan.


"Semakin lama kita tak melanjutkan dengan ada dalam kompetisi serius, (kompetisi) kompetitif, ini tak bagus bagi tim," bebernya.

Pelatih asal Portugal itu menegaskan, saat ini timnya fokus untuk menatap satu laga ke laga lainnya. Ia menegaskan belum berpikir jauh untuk mempertahankan status tidak pernah terkalahkan di Liga 1.

"Jadi ada saatnya liga bergulir, (kita fokus) menatap satu pertandingan ke pertandingan lainnya," tegasnya.

Meski begitu, Bernardo mengapresiasi berbagai pihak yang mendukung timnya dengan pencapaiannya saat ini. Baginya itu adalah prestasi yang dapat memotivasi timnya tampil lebih baik lagi ke depannya.

"Saya hargai harapan-harapan tersebut. Tapi itu sudah berlalu, itu adalah sejarah. Kita tak bisa lupa itu," ujar Bernardo.

"Tentunya kita tidak bisa jalani hari-hari ke depan dengan tidak melihat ke belakang. Apa yang bisa dilakukan kita latihan," sambungnya.

Diketahui, dalam Rapat Koordinasi (Rakor) antara Polri, PSSI, PT LIB, Selasa (29/11), disepakati lanjutan Liga 1 belum bisa lanjut pada 2 Desember.

Liga 1 tak bisa digelar karena format bubble yang akan menggunakan dua venue yakni Stadion Moch Soebroto dan Stadion Sultan Agung belum diverifikasi.

Selain itu, Peraturan Kepolisian (Perpol) No 10 Tahun 2022 juga masih ditelaah apakah akan bisa diterapkan dengan baik. Perpol terbaru ini menjadi standarisasi baru pengamanan dan penyelenggaraan sepak bola.



Simak Video "Suporter PSM Makassar Gelar Aksi Bakar Lilin untuk Tragedi Kanjuruhan"
[Gambas:Video 20detik]
(ata/asm)