Bernardo Tavares Bicara Kerugian PSM Jika Liga 1 Pakai Format Bubble

PSM Makassar

Bernardo Tavares Bicara Kerugian PSM Jika Liga 1 Pakai Format Bubble

Ibnu munsir - detikSulsel
Selasa, 29 Nov 2022 22:55 WIB
Pelatih PSM Makassar Bernardo Tavares memuji fasilitas stadion lawan.
Pelatih PSM Makassar Bernardo Tavares Foto: Dok. PSM Makassar/Adhiaksa Mursalim
Makassar -

PSM Makassar harus pasrah tidak bermain di Stadion Gelora BJ Habibie (GBH) jika PT Liga Indonesia Baru (LIB) memutuskan akan menggunakan format bubble dan tanpa penonton. Menanggapi hal tersebut, pelatih Bernardo Tavares berbicara soal kerugian timnya jika harus bermain di luar homebase atau kandang.

"Kalian bisa lihat trek rekor kita pada saat kita bermain di (Stadion Gelora BJ Habibie) Parepare, kita hanya imbang sekali sisanya kita mendulang poin," kata Bernardo di sela latihan PSM di Stadion Kalegowa, Gowa, Sulawesi Selatan (Sulsel), Selasa (29/11/2022).

Tim besutan Bernardo Tavares memang dalam performa terbaiknya di kasta tertinggi Liga Indonesia ini setelah sampai pada pekan ke-11 Liga 1 berhasil meraih 6 kemenangan dan 4 imbang. Sementara satu laga lainnya melawan Barito Putera masih tertunda.


Dari hasil tersebut, Juku Eja menjadi satu-satunya tim belum merasakan kekalahan dan berhasil finis di posisi ketiga dengan poin 22. Skuad Juku Eja hanya terpaut 1 poin dari Borneo FC dan Madura United yang berada di posisi pertama dan kedua dengan poin 23.

Bercermin dari hal itu, pelatih asal Portugal ini mengaku jika Wiljan Pluim CS di atas angin bisa dengan mudah meraih hasil maksimal jika bermain di markas sendiri. Terbukti, tim ramang bisa menyapu laga kandang dengan 4 kemenangan dan hanya sekali seri.

"Karena kondisinya tak memungkinkan (dengan format bubble). Tapi kalau kita memulai liga kembali secara normal, untuk pertandingan di Parepare kita pasti mendulang poin," tegasnya.

Kondisi ini membuat pelatih berlisensi UEFA Pro ini meminta Liga 1 bisa kembali bergulir dengan format home-away tanpa harus menggunakan format bubble dan tanpa penonton. Pasalnya ini akan merugikan tim dan manajemen klub.

"Membantu klub dari segi finansial dan 6 pertandingan yang tersisa bagi PSM Makassar," paparnya.

Namun Bernardo tetap mempersiapkan timnya demi tetap menjaga tren baiknya sejauh ini. Ia mengatakan akan terus memberikan motivasi berlebih sehingga para pemainnya tetap siap bertanding meski di luar kandang.

"Saya mau hal ini terjadi, jadi bukan hanya soal extra motivasi ke pemain, hanya memberi energi ekstra," pungkasnya.

Seperti diketahui, lanjutan Liga 1 2022 kemungkinan akan digelar sementara dengan sistem bubble. Sebab format home-away sebagaimana sebelumnya dirasa belum memungkinkan.

Selain itu, operator kompetisi juga sedang mempertimbangkan Jawa Tengah dan Yogyakarta sebagai lokasinya. Format bubble alias sentralisasi rencananya hanya akan berlangsung singkat dan setelah itu laga-laga kembali ke format home-away.



Simak Video "Suporter PSM Makassar Gelar Aksi Bakar Lilin untuk Tragedi Kanjuruhan"
[Gambas:Video 20detik]
(afs/sar)