Tantangan PSM Lanjutkan Tren Tak Terkalahkan Saat Liga 1 Pakai Format Bubble

PSM Makassar

Tantangan PSM Lanjutkan Tren Tak Terkalahkan Saat Liga 1 Pakai Format Bubble

Tim detikSulsel - detikSulsel
Selasa, 29 Nov 2022 07:00 WIB
Rans Nusantara FC 1-2 PSM Makassar di Liga 1
Foto: Dok. PSM Makassar/Adhiaksa Mursalim
Makassar -

Kompetisi Liga 1 2022/2023 mulai mendapat titik terang akan dilanjutkan kembali dengan sistem bubble. Kondisi ini menjadi tantangan bagi PSM Makassar dengan format kompetisi yang berubah dari sebelumnya menggunakan home and away.

"Alhamdulillah jika sudah ada kejelasan liga (dilanjutkan). Kami tentu sangat bersyukur dengan itu. Tim kebanggaan kita PSM Makassar (juga) kembali fokus untuk mempertahankan trend positifnya," jelas Deputi Kemendagri Red Gank Muhammad Al Fajri kepada detikSulsel, Senin (28/11/2022).

PT Liga Indonesia baru (LIB) selaku operator liga berencana menggulirkan kompetisi dengan format yang berbeda yakin dengan sistem bubble dan tanpa penonton pada awal Desember nanti. PT LIB memilih format tersebut usai sistem home-away dianggap belum bisa dilakukan imbas dari kejadian di Kanjuruhan yang menewaskan 135 orang.


Lokasinya pun telah dipilih yakni di Jawa Tengah dan Yogyakarta menggunakan format bubble hingga putaran pertama Liga 1 selesai. Baru setelah itu kembali berjalan normal dengan sistem home-away.

Walau begitu, Fajri mengaku tidak mempermasalahkan hal tersebut, melihat suporter PSM selalu memberikan dukungan meski harus bermain di luar Sulawesi. Baginya saat ini, terpenting kompetisi bisa bergulir kembali.

"Infonya liga 1 (pakai format) bubble dan di fokuskan di Jateng. Sebenarnya bagi kami tidak masalah karena dimanapun PSM main di situ kami selalu ada," paparnya.

"Tanpa penonton pun terkadang teman-teman biasanya memberikan support dan semangat ke tim dengan cara yang positif," tambah Fajri.

Sementara itu, Menteri Luar Negeri Firdaus Jamaluddin S juga menyambut baik kelanjutan kompetisi Liga 1. Menurutnya, hal ini menjadi kabar gembira kompetisi tertinggi Indonesia ini bisa dilanjutkan kembali usai terhenti hampir dua bulan lamanya.

"Pasti ada rasa senang dan syukur Liga 1 bergulir kembali, karena sudah berapa bulan Liga 1 terhenti," ungkap pria yang akrab disapa Daus tersebut.

Daus pun sudah tidak sabar ingin kembali menyaksikan PSM bermain dan berharap Wiljan Pluim Cs bisa menampilkan permainan terbaiknya seperti saat awal-awal liga berjalan.

"Menampilkan permainan terbaiknya lagi. Apabila Liga 1 segera bergulir, pasti kami menyambutnya dengan baik," tutupnya.



Simak Video "Bentrok Sesama Suporter PSM Makassar di Parepare"
[Gambas:Video 20detik]
(afs/ata)