Liga 1 Tanpa Penonton, Eks Kapten PSM Zulkifli: Terpenting Liga Bergulir Dulu

PSM Makassar

Liga 1 Tanpa Penonton, Eks Kapten PSM Zulkifli: Terpenting Liga Bergulir Dulu

Alfiandis - detikSulsel
Sabtu, 26 Nov 2022 17:20 WIB
zulkifli syukur
Foto: Instagram Zulkifli Syukur
Makassar -

Liga 1 musim 2022/2023 diwacanakan akan kembali bergulir dalam waktu dekat namun menggunakan format bubble dan tanpa penonton. Eks kapten PSM Makassar Zulkifli Syukur mengutarakan yang terpenting bagi dirinya saat ini agar kompetisi bergulir terlebih dahulu.

"Kalau memang seperti itu (liga dilanjutkan dengan format bubble dan tanpa penonton) ya alhamdulillah, apapun sistem yang diterapkan nantinya yang terpenting liga bergulir dulu," kata pria yang Kerap disapa Zul kepada detikSulsel, Sabtu (26/11/2022).

Zul mengaku tidak mempermasalahkan jika kelanjutan Liga 1 digelar tanpa penonton untuk sementara waktu atas efek Tragedi Kanjuruhan. Menurutnya, penting untuk menerapkan aturan yang ketat bagi para suporter yang selalu melanggar.


"Pembatasan jumlah penonton dan aturan atau sanksi yang ketat buat tim yang melanggar atau suporter yang melakukan tindakan anarkis, dengan membatasi ruang gerak suporter dengan diberlakukannya aturan atau sanksi yang tegas," jelasnya.

Menurutnya, langkah PT LIB menyelenggarakan kompetisi tanpa penonton di stadion sebagai bagian untuk memberikan efek jera kepada suporter. Sehingga ketika liga kembali berjalan normal insiden di Malang tidak terulang kembali.

"Saya pikir ini salah satu cara agar meminimalisir kejadian-kejadian yang tidak di inginkan," ungkap Zul.

Namun format yang akan ditetapkan PT LIB untuk kelanjutan kompetisi belum final. Saat ini kelanjutan Liga 1 masih dikaji.

"Tapi sebelum ada surat izin di terbitkan saya pikir bisa saja jadwalnya berubah," tegasnya.

Untuk diketahui, PT LIB selaku operator kompetisi Liga 1 menggulirkan wacana sistem bubble melihat format home-away dirasa belum memungkinkan untuk dilakukan. PT LIB pun telah mempertimbangkan dua lokasi yang akan menjadi lokasi pelaksanaan bubble, yakni Jawa Tengah dan Yogyakarta.

Kendati demikian, format bubble rencananya hanya akan berlangsung hingga putaran pertama selesai atau dalam 6 pekan. Sementara laga-laga selanjutnya dicanangkan kembali ke format home-away.

Bos PSM Makassar Sadikin Aksa, berharap segera mendapat kejelasan perihal format tersebut. "Kami akan tunggu agar lebih jelas (format bubble Liga 1 hingga akhir putaran pertama)," kata Sadikin saat dikonfirmasi, Jumat (25/11).

Sadikin Aksa menegaskan jika belum menerima surat resmi dari PT LIB menyoal format tersebut. Hal ini membuat dirinya masih memilih tidak berkomentar terkait hal itu.

"Kita belum terima surat resmi," tegasnya.



Simak Video "Suporter PSM Makassar Gelar Aksi Bakar Lilin untuk Tragedi Kanjuruhan"
[Gambas:Video 20detik]
(afs/sar)