PSSI Percepat KLB, Eks Pelatih PSM Minta Semua Pengurus Mundur

PSSI Percepat KLB, Eks Pelatih PSM Minta Semua Pengurus Mundur

Ibnu Munsir - detikSulsel
Minggu, 30 Okt 2022 13:59 WIB
Exco PSSI memutuskan untuk melakukan percepatan Kongres Luar Biasa (KLB)
Ketum PSSI dan Exco memutuskan untuk melakukan percepatan Kongres Luar Biasa (KLB). Foto: Dok. Istimewa Kanal YouTube
Makassar -

PSSI akhirnya memutuskan untuk mempercepat Kongres Luar Biasa (KLB). Walaupun terlambat, tetapi hal ini mendapat apresiasi dari mantan pelatih PSM Makaassar, Tony Ho.

"Ini bagus (PSSI KLB), sebenarnya terlambat mereka lakukan ini. Harusnya dari awal-awal, tapi tidak apa-apa yang penting mereka semua (pengurus) mundur," kata Tony Ho kepada detikSulsel, Minggu (30/10/2022).

KLB nantinya akan memutuskan struktur kepengurusan PSSI yang baru. Langkah untuk pergantian kepengurusan di tubuh PSSI ini dinilai keputusan terbaik daripada tetap bertahan di tengah desakan untuk mundur.


"Pemimpin yang mempunyai etika dan moral seharusnya bertindak dari awal. Bukan karena ada desakan dari masyarakat dan terakhir dari pemerintah," bebernya.

Pelatih yang mengantongi lisensi A Pro AFC tersebut menilai, kompetisi sepakbola Indonesia terlalu banyak melahirkan masalah. Selain Tragedi Kanjuruhan, juga sudah banyak indikasi permainan dari internal PSSI yang mendukung tim tertentu untuk menang.

"Mungkin pemerintah sudah lama mencium bau busuk dalam federasi. Contoh dengan banyaknya pengaturan-pengaturan sepakbola dalam permainan yang tidak fair di semua level baik itu level (liga) 1,2,3," paparnya.

Tony Ho berharap, KLB nanti dapat melahirkan pengurus PSSI yang betul-betul bertanggung jawab. Pengurus baru juga diharapkan dapat memberantas pengaturan skor di sepakbola Indonesia di semua level kompetisi.

"Dan kalau pemilihan nanti harus orang-orang baru, kalau orang-orang lama berarti mereka tidak punya moral," pungkasnya.

Sebelumnya, PSSI memutuskan untuk mempercepat KLB. Ketua Umum (Ketum) PSSI Mochamad Iriawan akan segera mengirim surat ke FIFA terkait usulan kongres.

Hal itu disampaikan PSSI usai menggelar rapat Exco di kantornya di GBK Arena, Jakarta Pusat, Jumat (28/10/2022).

"Memutuskan untuk mempercepat kongres biasa pemilihan melalui mekanisme Kongres Luar Biasa (KLB) sesuai tahapan aturan organisasi," tegas Iriawan dalam kanal YouTube PSSI.

"Kami berharap keputusan ini dapat menjadi pertimbangan bagi para pemangku kepentingan kiranya dalam membantu diputarnya kembali kompetisi Liga 1, Liga 2, dan Liga 3 yang selama ini menjadi napas dan marwah sepak bola di Tanah Air," imbuhnya.



Simak Video "Suporter PSM Makassar Gelar Aksi Bakar Lilin untuk Tragedi Kanjuruhan"
[Gambas:Video 20detik]
(ata/sar)