Respons Bos PSM Makassar Usai Jokowi Minta Seluruh Stadion Diaudit Total

Liga 1

Respons Bos PSM Makassar Usai Jokowi Minta Seluruh Stadion Diaudit Total

Alfiandis - detikSulsel
Kamis, 06 Okt 2022 10:15 WIB
Dirut PSM Makassar Sadikin Aksa
Dirut PSM Makassar Sadikin Aksa. Foto: Dok. PSM Makassar
Makassar -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) memerintahkan untuk mengaudit seluruh stadion di Indonesia. Direktur Utama PSM Makassar Sadikin Aksa mengaku sejak awal telah menekankan ke Panitia Pelaksana (Panpel) PSM untuk menjalankan regulasi dengan baik.

"Kalau kita memang seluruh aturan dari liga dan PSSI mengenai penyelenggaraan kami jalankan serapi mungkin ke panitia pelaksana di Parepare," kata Sadikin kepada detikSulsel, Rabu (5/10/2022).

Sadikin mengatakan siap mengikuti segala arahan Presiden Jokowi yang nantinya akan disampaikan oleh PSSI dan operator liga ke PSM. Ia berkomitmen untuk membuat penonton yang hadir menyaksikan pertandingan PSM bisa senyaman mungkin di Stadion Gelora BJ Habibie (GBH) Parepare.


"Malah saya sudah minta dari awal, kapasitas stadion itu saya nggak mau full dari kapasitas 20 ribu yang kita hitung, yang kami jual itu cuman 18 ribu," paparnya.

"Kami memang sengaja tidak mau full karena kami utamakan kenyamanan dan keamanan daripada penonton," sambungnya.

Sebelumnya, Presiden Jokowi memerintahkan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono untuk mengaudit total semua stadion di seluruh Indonesia. Jokowi meminta Stadion Liga 1 hingga 3 diaudit.

"Saya akan perintahkan Menteri PU untuk mengaudit total seluruh Stadion yang dipakai untuk liga, Liga 1, Liga 2, Liga 3, semuanya," kata Jokowi di RSSA Malang dilansir dari detikNews, Rabu (5/10).

Jokowi ingin memastikan stadion sepakbola di Indonesia sesuai dengan standar. Dia juga mengatakan perlu dilakukan perbaikan dari manajemen lapangan hingga pengelolaan stadion.

"Apakah gerbangnya sesuai standar, cukup lebar, apakah gerbangnya ukurannya sesuai dengan standar, manajemen lapangan yang memegang kendali siapa, semuanya, kita perbaiki semuanya, manajemen pertandingan, lapangan pengelolaan stadion semuanya, harus kita audit total," ujarnya.

Jokowi tak ingin tragedi Kanjuruhan terulang. Dalam kasus ini, sebanyak 131 orang tewas.

"Kita tidak ingin peristiwa di seperti di Kanjuruhan terjadi kembali di negara kita," kata Jokowi.



Simak Video "Suporter PSM Makassar Gelar Aksi Bakar Lilin untuk Tragedi Kanjuruhan"
[Gambas:Video 20detik]
(ata/hmw)