PR Bernardo Jelang PSM Vs Barito: Seimbangkan Tim saat Menyerang dan Bertahan

PSM Makassar

PR Bernardo Jelang PSM Vs Barito: Seimbangkan Tim saat Menyerang dan Bertahan

Alfiandis - detikSulsel
Sabtu, 01 Okt 2022 10:45 WIB
Pelatih PSM Makassar Bernardo Tavares memimpin latihan PSM Makassar di Bali
Pelatih PSM Makassar Bernardo Tavares Foto: Dok. PSM Makassar
Makassar -

Pelatih PSM Makassar Bernardo Tavares memiliki PR baru jelang menghadapi Barito Putera di laga tunda pekan ke-6 BRI Liga 1 musim 2022/2023. Juku Eja cukup baik dalam hal menyerang namun lambat merespons serangan balik.

Pertandingan Barito Putera melawan tamunya PSM Makassar akan berlangsung di Stadion Demang Lehman, Martapura Senin (3/10/2022) kick off pertandingan dimulai pukul 16.30 Wita.

"Hanya itu kalau menyerang (PSM Makassar) kadang kala dia lupa bertahan waktu di serang, seperti bola yang masuk pertama itu (lawan Persis Solo). Jadi harus betul-betul dicermati hal-hal yang sekecil itu," jelas pengamat sepak bola Syamsuddin Umar kepada detikSulsel, Jumat (30/9/2022).


Juku Eja tengah berada pada masa sulit meraih kemenangan di 3 laga Away. Tercatat, tim asuhan Bernardo Tavares hanya memperoleh 3 poin dari tiga laga tandang melawan Persik Kediri (2/9), Dewa United (15/9), dan Persis Solo (29/9) lalu.

Pelatih yang sukses mengantarkan Juku Eja meraih trofi Liga Indonesia musim 1999/2000 ini mengatakan, M Arfan dan kolega cukup efektif dalam hal menyerang namun terkadang terlena dan lupa bertahan. Hal ini menjadi faktor mengapa tim besutan Bernardo tersebut tidak dapat memperoleh hasil maksimal.

Syam memberikan catatan, agar tim Ramang harus menyeimbangkan antara menyerang dan bertahan sehingga tidak mudah kecolongan meski memburu gol kemenangan.

"Yang harus dijaga ini harus berpikir bahwa jadi catatan kalau menyerang dengan tujuan untuk mencetak bola harus juga berpikir bahwa kita akan diserang kita juga harus berpikir bahwa kita juga akan diserang," tandasnya.

Kendati demikian, lanjut Syam dari segi permainan PSM cukup baik dibandingkan musim-musim sebelumnya. Terlebih dari segi mental bertanding dirasa cukup baik.

"PSM ini dari segi permainan saya rasa semua juga orang mengatakan sudah bagus apa lagi mental bertandingnya sangat bagus," paparnya.

"Oleh karena itu ini juga harus dipersiapkan semua karena saya lihat bagus sekali ini rotasi pemainnya kemudian motivasi bermainnya kemudian ritme bermainnya," tambahnya.



Simak Video "Bentrok Sesama Suporter PSM Makassar di Parepare"
[Gambas:Video 20detik]
(afs/alk)