Persis Solo Tidak Didampingi Pelatih Baru saat Jamu PSM Makassar

Persis Solo Tidak Didampingi Pelatih Baru saat Jamu PSM Makassar

Alfiandis - detikSulsel
Rabu, 28 Sep 2022 17:21 WIB
Caretaker Persis Solo Rasiman (tengah), saat konfrensi pers di Stadion Manahan Solo, Rabu (28/9/2022)
Foto: Pelatih Persis Solo Rasiman (tengah). (Agil Trisetiawan Putra/detikJateng)
Makassar -

Persis Solo dipastikan tidak akan didampingi pelatih baru saat menjamu tamunya PSM Makassar di pekan ke-11 BRI Liga 1 musim 2022/2023. Laskar Sambernyawa masih akan ditangani pelatih Rasiman.

Kebijakan tersebut setelah mengajukan permohonan penangguhan pelatih kepala baru dalam suratnya bernomor: SPm.029/PPS/IX/2022 yang ditujukan kepada PT Liga Indonesia Baru (LIB). Hal ini lantaran pelatih baru masih dalam proses administrasi imigrasi dan RECC.

"Berdasarkan surat yang dikirim oleh PERSIS dengan nomor SPm.029/PSS/IX/2022 kepada Liga Indonesia Baru terkait Permohonan Penangguhan Head Coach, PERSIS menyatakan bahwa pelatih Kepala baru PERSIS masih dalam proses administrasi imigrasi dan RECC," tulis Persis Solo yang dilansir lewat website resminya, Rabu (28/9/2022).


Atas hal itu pula, pihak persis Solo mengajukan penambahan periode caretaker coach selama dua pertandingan, termasuk laga melawan PSM Makassar Kamis (29/9) besok dan Rans Nusantara (6/9).

"Sehingga PERSIS menyampaikan permohonan penambahan periode caretaker coach selama 2 pertandingan, yaitu pada laga melawan PSM Makassar (29/9) dan RANS Nusantara (6/10)," tambahnya.

Berdasarkan regulasi PT LIB pasal 32 ayat 11 terkait pergantian pelatih kepala yang terjadi, maka klub bersangkutan wajib menyampaikan secara tertulis paling lambat 3 hari, serta wajib menetapkan dan mendaftarkan pelatih baru selambat-lambatnya 30 hari. Lewat dari ketentuan tersebut maka klub akan dikenakan denda Rp 100 juta.

"Melalui surat 001/P.REG-L1/2022 dan belum dipenuhi Persis, kami selaku tim peserta liga patut akan konsekuensinya dan secara sadar siap memenuhi tuntutan denda pelanggaran," tandas Persis Solo.

Persis Solo pun menyatakan tetap mempercayakan Rasiman untuk mendampingi Laskar Sambernyawa saat melakoni laga melawan PSM Makassar. Meski diketahui Rasiman belum mendapatkan lisensi AFC Pro sebagai syarat pelatih Liga 1.

Persis Solo Dikaitkan Pelatih asal Portugal

Diketahui terdapat beberapa nama pelatih yang pernah eksis di Liga 1 dikaitkan dengan Persis Solo. Di antaranya, Robert Rene Alberts, Eduardo Almeida, hingga Alexander Gama.

Namun, jelang menghadapi PSM pada pekan ke-11 Liga 1 2022, nama Paulo Gomes tiba-tiba mencuat. Hal tersebut bermula dari cuitan di akun twitter-nya yang menyapa para fans Persis Solo.

"Terima kasih untuk semua fans Persis Solo @PERSISSOLO Saya berharap yang terbaik untuk semua penggemar sepak bola Indonesia dan Asia," tulis Paulo Gomes.

Pelatih dengan nama lengkap Carlos Paulo Cardoso Gomes Cacote ini lahir di Vila Nova, Portugal 31 Maret 1975. Dia merupakan rekan senegara pelatih PSM Bernardo Tavares.

Rekam pengalamannya, Paulo Gomes pernah melatih tim Al-Khaleej yang bermain di Saudi Profesional League. Pelatih 42 tahun itu juga pernah mengarsiteki tim US Mondof yang bermain di liga utama Luksemburg.

Saat ini, manajemen Persis Solo belum buka suara terkait calon pelatihnya tersebut. Media Officer Persis Solo, Bryan Barcelona mengatakan, pelatih baru Persis akan segera diumumkan dalam waktu dekat.

Persis Solo dijadwalkan akan menghadapi PSM Makassar di Stadion Manahan, Solo, Kamis (29/9) pukul 17.00 Wita.



Simak Video "Suporter PSM Makassar Gelar Aksi Bakar Lilin untuk Tragedi Kanjuruhan"
[Gambas:Video 20detik]
(sar/nvl)